HeadlinePendidikan

Kemenag Wujudkan Pramuka yang Agamis

FORKOWAS.com – Sosialisasi dan Pembentukan Saka Amal Bhakti Kementerian Agama Kabupaten Sumedang yang dibuka Wakil bupati Sumedang H. Erwan setiawan ,yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang, Senin 24 februari 2020.

Sosialisasi dan pembentukan Saka Amal Bhakti dalam rangka meningkatkan kepramukaan dalam bidang ke agamaan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang H. Hasen, mengatakan, pembentukan
Saka Amal Bhakti dalam rangka kegiatan keagamaan dengan keanggotaan kepramukaan baik yang tergabung ke dalam pondok pesantren, diniyah, maupun para penyuluh.

Dikatakan Hasen,Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda dan sangat efektif dalam peningkatan disiplin, serta dalam mewujudkan pramu yang agamis.

Selain itu juga,Saka Amal Bhakti merupakan wadah potensial dalam mengembangkan kehidupan keagamaan di Kabupaten Sumedang.

tujuan pembentukan Saka Amal Bhakti ini. Sesuai dengan komitmen Kwarda, Kwarcab dan seluruh gugus yang ada di lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang dalam sambutannya mengatakan, Saka Amal Bhakti merupakan satuan Karya Pramuka yang dibentuk dengan tujuan melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keagamaan.

Erwan berharap Saka Amal Bhakti mampu menjadi media penyaluran minat dan bakat anggota pramuka di bidang keagamaan.

Saka Amal Bhakti diproyeksikan untuk dapat menjadi wadah pembinaan serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi diri anggota pramuka serta menjadi sarana pengabdian kepada masyarakat.

Dijelaskan Erwan, secara regulasi pembentukan Saka Amal Bhakti di lingkungan kantor kementrian Agama sangat terbuka dan memungkinkan.

“Hanya yang perlu disiapkan adalah menyusun Krida yang akan dijadikan pedoman untuk menyusun keterampilan hidup Pramuka Santri. Saka Amal Bhakti sendiri terdiri dari 5 Krida,” katanya.

Krida Kerukunan dan Toleransi Beragama, Krida Penghayatan dan Pengamalan Agama, Krida Pembangunan Karakter dan Moral Keagamaan, Krida Pembangunan Ketahanan.

Lanju Erwan,bSaka Amal Bhakti dimaksudkan untuk menyiapkan pramuka santri dalam pengamalan nilai-nilai agama. (Suhaya)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close