HeadlinePendidikan

Wabup Erwan, Lantik Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Amal Bhakti Kabupaten Sumedang

FORKOWAS.com – Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang, melantik Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Amal Bhakti Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2020-2025 Selasa (10/3) di Aula Kantor Kemenag Sumedang.

Hadir pada acara pelantikan, Sekretaris Saka Amal Bhakti Provinsi Jawa Barat Acep Agustianjani, Jajaran Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang dan jajaran pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Se-Kabupaten Sumedang.

Jajaran pengurus Majelis Pramuka Saka Amal Bhakti Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2020 -2025 dilantik berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang Nomor 04/2020.

Dalam sambutannya, Sekretaris Saka Amal Bhakti Jawa Barat Acep Agustianjani mengatakan, kegiatan
pelantikan pengurus Saka Amal Bhakti ini merupakan pertama kalinya di Jawa Barat. Saka Amal Bhakti didirikan baru rintisan di Jawa Barat untuk kemudian akan dijadikan sebagai rintisan nasional.

Ia mengatakan, saat ini naskah petunjuk pelaksanaan Saka Amal Bhakti yang ada di Jawa Barat sudah mulai disebarkan bahkan sudah banyak yang meminta dari tiap provinsi.

Apabila setelah berdiri di 30% ditingkat provinsi se-Indonesia, lanjut Acep, maka saka ini akan menjadi saka tingkat nasional.

“Saka di tingkat nasional ini didukung oleh tiga puluh persen berdirinya saka di tingkat provinsi dan juga saka tingkat provinsi ini di dukung pula tiga puluh persen Cabang. Surat dukungannya sudah kita dapatkan seratus persen di Jawa Barat tapi yang paling pertama Kabupaten Sumedang, ini suatu kebanggan bagi kami,” ungkapnya.

Kaitan dengan hal itu, ia pun mengharapkan adanya sinergitas program serta terdapat kesamaan persepsi antara tingkat provinsi dengan tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat.

Karena menurutnya, Saka Amal Bhakti yang baru berdiri tidak terlepas dari kekurangan sehingga membutuhkan masukan untuk dapat dilakukan direvisi.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dalam kesempatan tersebut mengatakan,
Saka Amal Bhakti dibentuk bertujuan melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keagamaan.

Menurut Wabup, setiap gerakan pramuka di bidang agama harus menerapkan dan mengedepankan nilai agama disamping keterampilan hidup.

“Saya berharap Saka Amal Bhakti yang baru dibentuk mampu menjadi media penyalur minat anggota pramuka bidang keagamaan. Saka Amal Bhakti diproyeksikan wadah pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi diri anggota pramuka”ungkapnya.

Lebih lanjut kata Wabup, dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, keberadaannya diharapkan dapat merespon secara positif dan ikut berpartisipasi aktif terhadap seluruh program kegiatan Kemenag sekaligus menyempurnakan serta meningkatkan pendayagunaan potensi SDM, materi pendidikan, sistim bina dan manajemen organisasi.

Diakhir sambutannya, sebagai Ketua Kwarcab dirinya juga berpesan kepada pengurus, agar aktivitas gerakan pramuka yang dilaksanakan di kabupaten Sumedang mampu menjadi unsur penunjang berbagai program pembangunan daerah khususnya dalam rangka mewujudkan visi Sumedang Simpati. (Suhaya)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close