HeadlineUmum

Loktri UPTD Puskesmas Cisempur, Bahas Soal Stunting

KAPOL.ID – Kegiatan Lokakarya Mini Tri Wulan Lintas Sektor (Loktri) UPTD Puskesmas Cisempur digelar Kamis, 3 September 2020 di Aula Kantor Kecamatan Jatinangor.

Kegiatan tersebut bertemakan “Melalui Pertemuan Lintas Sektor Kita Cegah Stuntung Menuju Masyarakat Sehat”.

Dihadiri Forkopimcam Jatinangor Ketua TP PKK Jatinangor, Kader Posyandu dan para kades serta perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang.

Kepala UPTD Puskesmas Desa Cisempur Dr. Ana Pertiwi Wulandari mengatakan di Jatinangor tak ada permasalahan stunting yang menonjol.

“Sunting itu adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya,” ujarnya.

Ia menuturkan, stunting disebabkan oleh faktor multidimensi, praktik pengasuhan yang tidak baik terbatasnya layanan kesehatan, termasuk layanan ANC (Ante Natal Care) Post Natal dan pembelajaran di yang berkualitas, kurangnya akses ke makanan bergizi, serta kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi.

“Kami mengadakan kegiatan ini rutin setiap tiga bulan sekali yang melibatkan lintas sektoral tentang program kesehatan Karana pihaknya tidak bisa bergerak sendiri,” tandasnya.

Pihaknya sudah membuat kesepakan bersama lintas sektoral, dengan harapan adanya kerjasama yang lebih baik lagi.

“Karena masalah kesehatan tidak bisa bergerak sendiri, semuanya harus bersatu baik itu dari UPTD Pertanian, BKKBN, dan KUA guna mencegah pernikahan dini,” pungkasnya. (Ceng)**

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close