HeadlineUmum

Relokasi Puskesmas Cimanggung Diusulkan

FORKOWAS.com – Puskesmas Cimanggung mengajukan permohonan relokasi tempat guna meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat.

Kepala Puskesmas UPTD Cimanggung, drg. Iting Mursyidah Hanum mengatakan, sejauh ini kebutuhan Puskesmas Cimanggung yang paling mendesak adalah relokasi Puskesmas.

“Apabila pindah lokasi dengan dengan gedung yang lebih memadai maka pelayanan akan semakin layak,” ujarnya, Kamis 10 September 2020.

Kenapa diperkukan relokasi, karena Puskesmas itu merupakan pusat pelayanan kesehatan.

Ia menuturkan, pusat pelayanan kesehatan harus sesuai dengan standar kesehatan.

Masyarakat yang membutuhkN pelayanan Puskesmas Cimanggung cukup banyak.

Bahkan, jangkauannya luas kemudian cakupan ibu hamil balita pun tinggi.

“Jadi itu yang harus diperhatikan untuk sekarang. Terus terang belum memenuhi standar kesehatan, di mana harus memenuhi triase pelayanan yang infeksius dan noninfeksius kalau di bawah, itu tidak bisa dipisah antara infeksius dan noninfeksius nyampur,” jelasnya.

Dikatakannya, jadi kalau bagusnya pelayanan balita terpisah, balita sehat dan balita sakit, untuk pelayanan ibu hamil juga terpisah.

Karena itu masuk kunjungan sehat, yang masuk dengan keluhan sakit itu masuknya infeksius juga terpisah pelayanannya.

“Kemudian harus juga ada pelayanan persalinan difasilitas dan disini belum bisa melayaninya karena Fasilitas tidak memadai,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam persyaratan dari administrasi karena semakin banyak karyawannya semakin banyak juga membutuhkan fasilitas dan administrasi.

“Misalnya ruangan, meja, kemudian ATK, dan perlengkapan IT perlengkapannya itu juga harus memenuhi syarat,” ungkapnya.

Sejauh ini pihaknya sudah mengajukan proposal relokasi l yang diajukan kepada Dinas Kesehatan dimana nantinya menyampaikan ke Kabupaten Sumedang.

“Sementara diimasa Pandemi Covid-19, agak riskan dalam pemeriksaan bersalin dan Imunisasi. Semuanya dilakukan di luar Puskesmas. Karena alurnya tidak terpisah jadi semua dilaksanakan diluar apalagi yang imunisasi itukan anak yang sehat,” tegasnya.

Pihaknya berharap segera di realisasikan soal relokasi.

“Agar kami bisa semaksimal mungkin meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (Ceng)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close