Bewara Jabar

IPDN Jalin Kerjasama dengan BRI

FORKOWAS.COM, JATINANGOR – Demi meningkatkan pelayanan perbankan smart campus, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar IPDN Go To Smart Campus 2019
Jatinangor. 
Rektor IPDN Prof. Dr. Murtir Jeddawi, S.H., S.Sos., M.Si menyampaikan keberlanjutan IPDN go to Smart Campus kini bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam mewujudkan layanan perbankan smart campus.
Kegiatan diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan BRI pada tanggal 13 Maret 2019. MoU ini kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPDN dengan BRI. 
“Smart campus sendiri yakni sistem pengelolaan manajemen sekolah yang meliputi akademik, administrasi dan informasi dalam satu platform aplikasi yang selalu terkoneksi dalam paperless dengan dukungan perangkat dan solusi teknologi informatika yang meliputi dukungan fungsi administrasi perkantoran dan pelaporan,” katanya. 
Rektor menambahkan kerja sama penyediaan dukungan layanan perbankan smart campus di Kampus IPDN dalam penyediaan platform sekolah berbasis website yang mengintegrasikan sekolah, orang tua dan siswa secara realtime dan online dengan fitur dan spesifikasinya. 
“Misalnya, layanan informasi kegiatan kampus, jadwal kuliah, informasi ujian, pengelolaan administrasi, dashboard absensi praja dan lain sebagainyaā€¯, ujar Rektor IPDN. 
Sebagai perguruan tinggi kedinasan, lanjut rektor, IPDN mengikuti perkembangan revolusi peradaban 5.0 (society 5.0) yakni suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based), IPDN mengimplementasikannya melalui program smart campus. 
“Konsep smart campus sendiri, merupakan konsep sebuah kampus yang menerapkan dan memadukan sistem pembelajaran dengan penggunaan Teknologi Informasi. Jadi, smart campus itu intinya adalah untuk mempermudah dalam kegiatan proses belajar-mengajar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi,” katanya. 
Penerapan Teknologi Informasi dengan menggunakan sistem smart campus ini, tidak hanya mempermudah dalam proses pembelajaran, tapi juga dalam proses untuk kepentingan urusan manajemen kampus, perpustakaan dan lain sebagainya. (imn/rls) 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close