Umum

465 Pelajar SMAN 1 Sumedang Ikut UNBK




FORKOWAS.COM, SMAN – Sebanyak 465 siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Sumedang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (1/4). Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana yang juga menjadi panitia UNBK, Suhud Rusius, mereka terdiri dari enam kelas jurusan IPA dan empat kelas jurusan IPS.
“Hari pertama pelaksanaan UNBK, secara umum berjalan lancar, meskipun ada sedikit kendala, namun dapat dihalau tim teknisi kami,” kata Suhud Rusius seperti dikatakan kepada reporter Sumedang Ekspres, Asep Nurdin, Senin (2/4/2019).
Dalam pelaksanaannya, panitia telah menyediakan sebanyak 156 unit komputer, 5 server utama dan 2 server cadangan dengan estimasi  satu server bisa mengaliri 30 hingga 32 komputer. “Kami memiliki laboratorium komputer secara mandiri dalam satu ruangan, termasuk sapras komputer yang digunakan beserta server UNBK,” terangnya.
Suhud menjelaskan, pelaksanaan UNBK dinilai cukup lncar. Apalagi anak didiknya sudah terbiasa menggunakan komputer. “Bahkan sebelum menghadapi ujian, kita melakukan empat kali simulasi,” tuturnya.
Sehingga sebut Suhud, saat tiba hari H, mereka sudah tidak ada canggung atau kebingungan. “Komputer kita sudah gunakan yang AIO (all in one) jadi enggak pakai CPU, processor sudah bagus, karena tahun ini Pa Kepala Sekolah membeli 70 unit komputer baru,” katanya.
Dibanding tahun lalu, pelaksanaan UNBK jauh relatif lebih nyaman. Tahun sebelumnya, Aula Sekolah dijadikan tempat untuk UNBK, sehingga harus bongkar pasang kabel.
“Sekarang mah yang UNBK satu ruangan, nyaman pakai AC, ada proyektor untuk memudahkan siswa, jadi serentak hanya terpisah oleh sesi waktu,” tuturnya. (nur)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close