Bewara Jabar

Rumah Pintar Pemilu Sumedang, Belum Difungsikan

FORKOWAS.COM, SUMEDANG – Komisi Pemilihan umum (KPU) Sumedang, sampai saat ini belum mengoptimalkan ruang pintar pemilu (RPP).

Berdasarkan peraturan pemilu, rumah pintar pemilu salah satu tahapan yang harus disediakan KPU.

Fungsi RPP tersebut, merupakan sebuah konsep pendidikan pemilu yang dilakukan melalui pemanfaatan ruangan dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program – aktifitas project edukasi masyarakat.

Sehingga dari rumah pintar pemilu terdapat berbagai program pendidikan pemilih, dan sekaligus menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu, membangun gerakan berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi.

Sehingga manfaat, dari rumah pintar pemilu ini berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi dapat disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi.

Selain itu juga, rumah pintar pemilu bisa difungsikan sebagai museum pemilu.

Tujuan dari Rumah pintar dapat meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam prosesnya dapat dijadikan pusat informasi kepemiluan.

Juga, dapat sebagai edukasi masyarakat,memperkenalkan nilai nilai dasar pemilu dan demokrasi (pra pemilih), serta dapat meningkatkan pemahaman demokrasi.

Bahkan, dapat menanamkan kesadaran nilai nilai berdemokrasi.Dengan sasaran utama adalah masyarakat umum dan seluruh segmentasi yang terdapat dalam masyarakat.

Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang, Mamay Siti M Suhandi mengatakan jika bangunan rumah pintar pemilu masih dalam tahap perbaikan (renovasi).

“Untuk ruangan rumah pintar pemilu dikantor KPU Sumedang, memang harus dirancang terlebih dahulu. Seperti, apa yang harus dibutuhkan dan apa saja yang harus  diperbaharui. Agar, nantinya bisa terealisasi dengan baik,” ucapnya, Senin (1/4/2019).

Dikatakan Mamay, rumah pintar pemilu nantinya akan digunakan untuk tempat audiensi.

“Nanti, kita akan mengundang masyarakat serta  menginformasikan tentang pemilu,” ujarnya. (Suhaya)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close