Umum

Peran Relawan dalam Kemenangan Paslon 01

FORKOWAS.COM, BANDUNG – Peran relawan pendukung’ Capres-Cawapres,  Ir Joko Widodo-Prof Dr.KH Ma’ruf Amin menjadi strategis dan sentral dalam kemenangan Paslon 01, di tengah kondisi parpol pengusung dan pendukung sibuk nyaleg.

Memang, dengan Pemilu Serentak 2019, membawa dampak fokus pemenangan terbelah, yaitu pilpres dan pileg. Karena itulah, peran relawan Paslon presiden 01 sangat strategis untuk pemenangan pilpres.

Demikian dikatakan salah satu koordinator daerah Tim Relawan Nasional (TRN)#01, Deden Suwandi kepada wartawan di Ciparay, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/4/2019).

Dia tidak sependapat dengan adanya penilaian sejumlah pihak yang menyebut peran relawan sangat kecil alias tidak dominan pada Pilpres 2019.Justru peran relawan pada perhelatan pilpres sangat sentral.

Peran relawan yang tidak berafiliasi dengan parpol boleh disebut memberi andil signifikan sebagai salah satu faktor determinan bagi kemenangan Pasangan Jokowi-Amin.

Bagi Deden, makin banyak tumbuh berkembangbya relawan yang menghendaki kepemimpinan Pa Jokowi berlanjut satu periode lagi justru semakin baik bagi iklim demokrasi.

Relawan sebagai kekuatan sosial politik sangat berperan dalam mengawal pelaksanaan pilpres, utamanya untuk menghantarkan kemenangan bagi calon presiden yang didukung.

“Saya rasa dalam konteks kemenangan Paslon 01 Jokowi-Amin dalam pilpres kemarin tak dapat dibantah telah berperan banyak menghantarkan pasangan Jokowi-Amin jadi pemenang dalam kontestasi pilpres,” kata Deden.

Menurut dia, dalam perhelatan kemarin, semua pihak, baik caleg dan partai politik saling bertarung. Sibuk mengurus dirinya sendiri dan tidak lagi memperhatikan ekskalasi pilpres.

“Jangankan mengurusi pilpres, mengurusi dirinya saja belum beres. Nah dusinilah peran relawan sangat krusial mengisi ruang kosong itu. Jadi saya tegaskan peran relawan tidak bisa dipandang sebelah mata justru sangat sentral,” ujar Deden. (KS)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close