Umum

Dinas Pertanian dan Kelompok Wanita Tani Gelar Pasar Tani

FORKOWAS.COM, BANDUNG-
Para pegawai perempuan maupun laki-laki yang berasal dari sejumlah dinas dan badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berburu berbagai jenis komoditas sayuran segar di stan pasar tani di depan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Kamis (9/5/2019).

Pasar tani untuk memfasilitasi kebutuhan pangan aparatur sipil negara (ASN) itu, mulai digelar sejak hari pertama di bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah hingga libur para ASN di lingkungan Pemkab Bandung tersebut. Ketersediaan lebih dari 50 jenis sayuran segar dan baru dipetik itu tak hanya untuk para pegawai di lingkungan Pemkab Bandung saja, melainkan masyarakat luar juga bisa menikmati sayuran segar tersebut.

Pasar tani itu merupakan inisiatif Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dengan Kelompok Wanita Tani  Kabupaten Bandung. Pasar tani ini rutin dilaksanakan setiap tahun, disaat memasuki bulan suci Ramadan.

Pantauan wartawan di lokasi pasar tani, sejumlah pegawai dengan mayoritas ibu-ibu terlihat berburu sayuran segar tersebut. Mereka pun terlihat memilih dan membeli berbagai jenis komoditas sayuran yang sudah disiapkan tersebut, untuk dimasak di rumahnya masing-masing.

Mulai dari komoditas sayuran jagung muda, kacang-kacangan, wortel, bawang mersh, kol, paria, lenca, buncis, waluh, kiwi, cabe bendot, tomat, kangkung, burkol dan berbagai jenis komoditas sayuran lainnya.

 Ada pula produk makanan lainnya, seperti baso, sosis, kerupuk, onde ketawa, dan produk makanan dari hasil olahan usaha kecil menengah lainnya yang dihasil masyarakat Kabupaten Bandung.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ir. H. A. Tisna Umaran, M.P., turut berbelanja berbagai jenis sayuran tersebut, untuk dibawa ke rumahnya.

Ia pun terlihat memilih jagung muda untuk dibuatkan menu makanan sayuran jagung guna makanan berbuka puasa Ramadan.

Tisna Umaran mengatakan, pasar tani ini sudah rutin dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani Kabupaten Bandung.

“Berbagai jenis komoditas sayuran segar yang mencapai lebih dari 50 jenis itu, hasil pertanian para petani asal Ciwidey. Mengingat akses Ciwidey dengan Pemkab Bandung lebih dekat. Tetapi ada juga sayuran berupa bawang merah asal Cimenyan, yang turut dipasarkan di pasar tani tersebut,” kata Tisna Umaran kepada wartawan di lokasi pasar tani depan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung di Soreang, Kamis siang.

Tisna Umaran menuturkan, pasar tani yang digelar mulai pukul 07.30 sampai 16.00 WIB ini, untuk memfasilitasi para karyawan di lingkungan Pemkab. Bandung yang tak sempat belanja ke pasar, mall, warung, toko, kios atau tempat lainnya.

“Mereka bisa belanja di sini (pasar tani), khususnya sayuran segar. Saya perhatikan cukup banyak para karyawan yang berbelanja sayuran segar, sebelum pulang kerja,” ungkap Tisna Umaran.

Ia mengatakan, produksi sayuran tersebut merupakam hasil pertanian kelompok wanita tani, sehingga mereka bisa langsung memasarkannya.

“Adanya pasar tani ini sama-sama memberikan keuntungan, baik kepada petani sebagai penjual sayuran kepada konsumen maupun konsumen yang membeli langsung sayuran tersebut kepada petani,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian menuturkan, dikatakan sama-sama  menguntungkan karena petani menjual berbagai komoditas sayuran dengan harga konsumen dan transaksi cash. Begitu juga dengan konsumen, membeli sayuran dengan harga petani.

“Berbeda dengan petani  menjual hasil pertanian ke bandar, tentunya dengan harga yang murah. Para konsumen juga dengan membeli sayuran ke petani dengan harga dibawah pasaran, sehingga diuntungkan dari sisi biaya yang harus dikeluarkan. Adanya pasar tani ini, cukup menghemat anggaran bagi konsumen,” katanya.

Karena tingginya permintaan konsumen di lingkungan Pemkab. Bandung, kelompok wanita tani pun memasok sedikitnya 2 truk sayuran segar untuk memenuhi permintaan para pegawai atau ASN tersebut.

Mengingat dalam sehari itu, mencapai ratusan konsumen yang berkunjung ke pasar tani tersebut.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close