Umum

Tim Patroli DLH Provinsi Jabar, Kampanyekan Bersih Lingkungan DAS Citarum

Tim Patroli Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat melaksanakan kampanye bersih lingkungan di bantaran Sungai Citarum Kabupaten Bandung, Jumat (24/5/2019).

Kampanye bersih lingkungan itu bertepatan dengan memperingati Hari Citarum yang jatuh pada 24 Mei pada tiga tahun lalu, yaitu 2016 silam.

Pelepasan Tim Patroli dilakukan oleh Kasi Pencegahan Pencemaran DLH Provinsi Jabar Hera.

Tim Patroli DLH Provinsi Jabar yang merupakan warga sungai Kecamatan Bojongsoang, Dudi Andre mengatakan, kampanye bersih lingkungan ini dengan cara berjalan kaki dan star dari daerah aliran sungai (DAS) Citarum di sekitar Jembatan Balai Besar Wilayah Sungai Bojongsoang dan finis di DAS Citarum atau sekitar Jembatan Cilampeni-Pamentasan Muara Ciwidey Kabupaten Bandung.

“Kegiatan ini untuk mengkampanyekan serta mengajak kepada masyarakat, khususnya yang berada di daerah bantaran sungai. Umumnya kepada seluruh lapisan masyarakkat, agar tidak untuk membuang limbah maupun sampah ke aliran sungai,” jelas Dudi Andre didampingi Tim Patroli lainnya, Obey, Bahgur, Bobyaro, dan Andri  di Bojongsoang.

Ia mengatakan, menjadikan suatu model kegiatan tersebut, untuk diadakan secara rutin dalam upaya mengkampanyekan bersih lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dibarengi dengan penambahan kapasitas skill sumber daya manusia pada Tim Patroli Sungai Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Dudi Andre mengungkapkan, model kegiatan ini pula sebagai bentuk sosialisasi langsung terhadap masyarakat dalam membuang sampah.

Dengan harapan masyarakat tak membuang sampah ke Sungai Citarum.

“Kampanye bersih lingkungan ini juga dalam upaya melakukan survei titik koordinat untuk pemasangan rambu-rambu larangan buang sampah. Mengingat, di sejumlah titik jalur bantaran sungai yang biasa dijadikan sebagai tempat pembuangan sementara sampah (TPS) liar,” tuturnya.

Tak hanya itu, kata Dudi, dalam upaya pelaksanaan survei  titik kelayakan untuk pemasangan telematrix.
Selain itu survei titik strategis untuk dijadikan kawasan wisata bantaran sungai dalam upaya melestarikan lingkungan di DAS Citarum.

“Tim Patroli juga turut mengukur elevasi DAS Citarun zona yang dilalui.  Hal ini juga dalam upaya menjalin dan menjaga silahturahmi, solidaritas serta kekompakan Tim Patroli Sungai DLH Provinsi Jabar,” katanya.

Para pesertanya selain dari Tim Patroli DLH Provinsi Jabar dan Staf DLH, juga hadir dari Menwa Uninus, mahasiswa Universitas Borobudur Jakarta, Komunitas Penggiat Lingkungan dan masyakat umum.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close