Umum

Keripik Ubi Cilembu Mak Utik, Tembus Pasar Mancanegara

FORKOWAS.COM, PAMULIHAN – Berawal dari coba-coba dalam pemanfaatan limbah Ubi Cilembu, kini keripik Mak Utik di Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan ini menggenjot pasar lokal hingga mancanegara.

Sehingga, mampu membantu mengurangi angka pengangguran di wilayah produksinya, Kamis (20/6/2019)

Menurut penuturan anak dari Mak Utik, Bandi (26), keripik Mak Utik yang di produksinya kerap di serbu para pemesan dari berbagai daerah.

Seperti, Bandung, Jakarta, dan beberapa super market hingga pemesanan dari mancanegara yang membuatnya kewalahan.

“Alhamdulillah, sejauh ini baru ada 9 rasa dan saya terus membuat beberapa inovasi seperti sistik, dodol, ice cream, lapis, egg roll dan masih banyak lagi, dan semua berbahan baku sama yaitu ubi cilembu,” ucap Bandi yang juga  warga Rt 03/09 Desa Cilembu itu.

Ia menambahkan, dengan banyaknya orderan otomatis produksi semakin banyak sehingga mampu merekrut kembali beberapa orang yang membutuhkan pekerjaan.

“Setidaknya bisa memberdayakan masyarakat sekitar, dan kendala yang dihadapi saat ini seperti kemasan ataupun tempat produksi yang butuh perhatian dari berbagai pihak,” ucapnya.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Sumedang atau Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat membantu dalam pengadaan kemasan dan tempat produksi yang lebih luas.

Sehingga bisa lebih mendongkrak pasar lokal dan mancanegara juga sebagai sarana pelatihan program pemerintah. (Egy)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close