Umum

Puluhan Hektare Sawah di Situraja, Terancam Kekeringan

FORKOWAS.COM, SITURAJA -Puluhan kepala keluarga di Dusun Mekarwangi, Desa Jatimekar Kecamatan Situraja terancam krisis air bersih.

warga yang tinggal dipemukiman baru itu setiap tahunnya selalu dilanda kekeringan, hal itu dikarenakan debit air di sumur masyarakat berkurang.

Kepala Desa Jatimekar, Deddy Koes RD menyebutkan, diantara dusun yang lain, pemukiman yang ditempati kurang lebih 60 kepala keluarga warga yang berasal dari wilayah genangan Waduk Jatigede itu, tingkat kekeringannya lebih parah.

“Kalau disini yang perlu diperhatikan itu Dusun Mekarwangi, sebab lokasi itu sering terjadi krisis air bersih,” katanya lagi.

Dalam hal ini, pemerintah desa tengah berupaya mencari solusi untuk mengantisipasi krisis air bersih itu. Sebab, hal itu akan berdampak kepada kesehatan masyarakat.

“Ini perlu kita pikirkan bersama, karena dampak dari kondisi itu akan sangat buruk,”ucapnya

Dikatakan, untuk solusi yang bisa dilakukan saat ini, warga di dusun tersebut bisa disuplay air bersih dengan cara penyaluran air bersih dari program pengadaan air minum dan sanitasi masyarakat (pamsimas) yang ada di Dusun Cikopo.

Namun, masalahnya perlu ada pipanisasi untuk menyalurkannya, sedangkan pipa yang dibutuhkan sekitar 1km.

Untuk hal itu, perlu ikut campur tangan pihak terkait untuk pengadaan pipanya.

“Kalau saja ada pipa, warga di Mekarwangi tidak akan krisis air bersih,” ucapnya

Selain itu, puluhan hektare lahan pesawahan yang saat ini tengah digarap masyarakat terancam gagal panen karena kekeringan. Dengan begitu warga akan mengalami kerugian

“Kita perlu memiliki sumur pantek untuk mengairi sawah warga,” ujarnya. (Eri)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close