Bewara Jabar

Dinkes, Buka Layananan Public Safety Center (PSC) 119

FORKOWAS.COM, SUMEDANG – Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, Pemerintah Kabupaten  Sumedang melalui Dinas Kesehatan  membuka layananan Public Safety Center (PSC) di nomor  119 sebagai sistem penanggulangan darurat terpadu.

Sekeretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman memberikan arahan kepada 35 utusan dari Puskesmas se-Kab. Sumedang di Hotel Puri Khatulistiwa, Jumat (12/7/2019).

“Ini merupakan salah satu aplikasi dari program visi misi Sumedang Simpati, yang diharapkan dengan adanya call center 119 dapat memberikan layanan kepada masyarakat lebih optimal melalui, Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT),” ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumedang Anna Sabana mengatakan, PSC sebagai upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawat daruratan,
Mempercepat waktu penanganan (respon time) korban/pasien gawat darurat. 

Bahkan, juga salah satu upaya menurunkan angka kematian serta kecacatan.

“PSC merupakan wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang mengalami kegawatdaruratan. Dalam menjalankan fungsinya, SPGDT berperan guna mempercepat respon time penanganan korban kegawatdaruratan Pra Rumah Sakit,” katanya.

Selain itu, sambung Anna, diharapkan dengan adanya PSC 119 dapat mempercepat proses evakuasi korban ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Ini merupakan sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur, pelayanan pra Rumah Sakit, pelayanan di Rumah Sakit dan antar Rumah Sakit,” ujarnya.

Menurut Anna, Kegawatdaruratan dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja, olehsebab itu, Pertolongan kepada pasien sejak di lokasi sampai menuju Fasilitas Pelayanan Kesehatan harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat, jangan  sampai memperburuk  kondisi pasien. 

“Sehingga, penanganan  pasien gawat darurat pra Rumah Sakit sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar lokasi kejadian juga masyarakat awam yang ada dilokasi saat kejadian berlangsung. PSC 119, bisa juga sebagai wadah untuk konsultasi kesehatan namun, kami prioritaskan untuk memberikan layanan gawat darurat,” ungkapnya. (Devi Supriyadi)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close