Umum

Keripik Raden, Produk Unggulan Desa Jatiroke

FORKOWAS.COM, JATINANGOR – Upaya mengembangkan potensi wilayah, Pemerintah Desa Jatiroke menggelar pertemuan dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya.

Kepala Desa Jatiroke Rd. Cuna Dinata mengatakan, pertemuan dengan Gapoktan itu, bukan petani yang sekedar mengolah lahan pertanian, tetapi langsung memproduksi juga memanfaatkan hasil taninya.

“Pemanfaatannya seperti Singkong diolah menjadi keripik, itu setidak dapat menopang ekonomi para petani,” ucapnya.

Cuna menambahkan, melalui koordinasi dengan beberapa Gapoktan itu diharapkan bisa menjadi power dan motivasi untuk memajukan ekonomi kreatif masyarakat yang semakin meningkat.

“Dengan segala keterbatasan anggaran yang ada didesa akan tetapi semoga saja ada yang melirik dari Pemda Sumedang sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Sumedang yaitu One Village One Pruduct yang lagi digembor-gemborkan oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir,” ucapnya.

Selain itu, kata ia, meminta dorongannya dari DPRD Sumedang agar para petani dan pelaku UMKM Desa Jatiroke bisa lebih sejahtera.

Sementara, Ketua Gapoktan Tani Karya Desa Jatiroke, Wawan Romli Yopan mengatakan, dengan mendapatkannya bantuan dari pemerintah Desa setidaknya akan dimaksimal sebaik mungkin untuk kesejahteraan.

“Kami akan gunakan anggaran ini sebaik  mungkin dan semoga bisa semakin meningkat,” ucapnya.

Ia menambahkan, produksi singkong tersebut baru pertama kali dilakukan oleh Gapoktan Karya. Sehingga masih perlu bimbingan dari pihak-pihak instansi terkait.

“Kami berharap Kripik dengan nama KRIPIK RADEN ini dapat menjadi Produk unggulan Desa Jatiroke,” ucapnya (Syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close