Bewara Jabar

Dinsos P3a Luncurkan 11 Inovasi Program Berjamaah Simpati

SITURAJA, FORKOWAS.COM – Dalam rangka untuk mendukung Visi Kabupaten Sumedang, yaitu  terwujudnya masyarakat Sumedang yang sejahtera, agamis, maju, profesional, dan kreatif (SIMPATI) Pada tahun 2023 yang juga merealisasikan misi ke-1 yaitu “Memenuhi Kebutuhan Dasar Secara Mudah dan Terjangkau untuk Kesejahteraan Masyarakat”, maka
Dinsos P3a melakukan berbagai inovasi.

Diantaranya, melalui program berjamaah simpati, dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

Kegiatan tersebut, bertempat di Aula Desa Kaduwulung Kecamatan Situraja, Dinsos P3a Mensosialisasikan Program Berjamaah Simpati, Selasa (23/07/2019).

Kadinsos P3a Agus Muslim, S.Pd  mengatakan, tujuan serta maksud dari program Berjamaah adalah sebelas program bantuan sosial untuk menunjang kebutuhan dasar yang saling keterkaitan untuk Pengentasan Kemiskinan.

Menitik beratkan pada pemberian bantuan sosial dan pemberdayaan keluarga miskin yang bersumber dari APBD, APBD Provinsi, APBN, CSR dan swadaya masyarakat.

“Program-program yang di luncurkan oleh Dinsos P3a diantaranya adalah Uyah Simpati, Perelek Simpati, Dapur Simpati, Rantang Simpati, Warung Simpati, Tabungan Simpati, Sumur Simpati, Landong Simpati, Putra-putri Simpati. Ngabaso serta Sekooper Cinta (Program Dari Gubernur Jawa Barat)” yang tentunya sebelas program tersebut harus terlaksana dan akan segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumedang,” ujar Agus Muslim.

Lanjut Agus, Berjamaah Simpati akan di realisasikan  kepada masyarakat yang belum menerima bantuan apapun baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Program Berjamaah Simpati ini hakekatnya adalah upaya Masyarakat atau  Desa untuk  bersama-sama berikhtiar Memakmurkan Masyatakat atau Desanya, sedangkan Pemerintah dan pihak lain hanyalah sekedar membantu dan memfasilitasi, Ulama, umara, Guru, Petani atau Pedagang dan Pemuda, itulah unsur Pimpinan dan inti Kepengurusan BERJAMAAH SIMPATI.

“lebih lanjutnya lagi  ke sebelas  program inovasi ini tiada lain yaitu untuk mendukung serta Memenuhi Kebutuhan Dasar secara mudah dan terjangkau untuk Kesejahteraan Masyarakat serta diharapkan kedepannya bisa di Laksanakan di Desa-desa serta Kelurahan yang ada di Kababupaten Sumedang,” ucapnya. (Devi Supriyadi)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close