Bewara Jabar

Realisasi Dana Desa Cimarias, Dipantau Camat

PAMULIHAN, FORKOWAS.COM – Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan merealisasikan Dana Desa (DD) tahap dua dengan pengaspalan jalan Desa Cimarias Dusun RW 02.

Kades Cimarias Mamat mengatakan, pengaspalan atau perbaikan dilakukan dijalan penghubung yang kerap dilalui warga untuk beraktivitas yang notabene merupakan Petani.

“Dari total anggaran Rp 172 juta tidak bisa mencukupi secara keseluruhan untuk memperbaiki dengan panjang 900 meter dan lebar 3 meter itu dan sisanya akan dilakukan secara bertahap,” ucap Kades saat dihubungi Forkowas.com melalui telepon seluler.

Mamat menambahkan, yang menjadi pekerjaan rumah sekarang adalah perbaikan jalan Jelekong sampai Cinanggeran belum bisa terwujud.

“Selain itu tentang perkebunan seluas 360 hektar yang dikelola PT. Subur Setia saat ini kondisi dibiarkan begitu saja, tanpa dikelola  otomatis wilayah kami jadi gersang, harus jadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Selain itu, kata Mamat, sebagian anggaran difokuskan Perbaikan jalan Gang dan tiap RT diberikan anggaran Rp 10 juta untuk dikelola dengan jumlah RT keseluruhan sebanyak 33 RT.

“Kalau hanya mengandalkan DD tidak bisa tercover semuanya contohnya Rutilahu, kami baru mengajukan ke Kemensos semoga tahun depan bisa terealisasi,” kata Kades.

Pengaspalan jalan tersebut langsung diawasi Camat Pamulihan Hari Tri Santosa untuk mengetahui kendala-kendala dilapangan seperti apa.

“Kami selalu terjung langsung kelapangan demi kelancaran terealisasinya program Desa, demi kebaikan bersama untuk saling mengingatkan jangan sampai ada berita yang bukan-bukan terkait penyelewengan DD,” ucapnya.

Menurutnya, sekarang banyak berita terkait Kepala Desa yang terjerat kasus hukum lantaran penyelewengan anggaran.

“Alhamdulillah di Kecamatan Pamulihan  tidak ada yang seperti itu,” ungkap Camat. (Egy).

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close