Bewara Jabar

Bursa Inovasi Desa, Jadi Forum Pertukaran Inisiatif UKM

JATINANGOR, FORKOWAS.COM – Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa.

Kegiatan BID dapat diselenggaran di Gor Institut Teknologi Bandung (ITB) kampus Jatinangor dan kegiatan itu merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID).

Ketua Pelaksana BID, Ade Satia mengatakan, pelaksanaan BID sebagai jembatan kebutuhan Pemerintah Desa menentukan solusi bagi penyelesaian masalah Ekonomi Kreatif yang sejauh ini sulit dalam pemasaran serta sarana dan prasarana.

“Usaha  kecil menengah (UKM) yang ada di tiap desa akan dapat berkembang. Apalagi dengan adanya KKN dari Mahasiswa Unpad yang telah membekali kita bagai mana tata cara ekonomi kreatif untuk dapat berkembang,” ucapnya.
Bahkan, kata dia, Dana Desa (DD)  bisa jadi salah satu alternatif untuk pengembangan UKM di tiap desa, dalam rangka penggunaan Dana Desa yang lebih efektif dan inovatif.

Sementara menurut Camat Jatinangor, Syarif Efendi Badar mengatakan ini adalah pembelajaran bagi tiap Desa yang ada yang ada di Klaster 1 yang terdiri dari 6 Kecamatan untuk lebih meningkat kan SDM agar kuta bisa bersaing di era 4.0 dengan inovasi  yang  inspiratif

“Kita secara tidak langsung akan sulit bersaing dipasar bebas ini tanpa ada Inovasi, jadi semua elemen baik dari  masyarakat Pemdes dan kami pun dari Muspika Jatinangor siap mendukung sepenuhhati,” pungkasnya. (Syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close