Bewara Jabar

Jatinangor Festival, Geliatkan Potensi Seni dan Budaya


SUMEDANG, FORKOWAS.COM – Sebagai upaya menggeliatkan kesenian dan produk UMKM Jatinangor, pengelola Saung Budaya Sumedang (Sabusu) bersama elemen masyarakat Jatinangor menggelar Jatinangor Festival (Jafes) 2019.

Kegiatan dengan Tema
Ngahijikeun Rasa Ngawangun Tatanan tersebut, tampak meraih reapons baik dari warga.

Ketua Panitia Jafes 2019, Ihsan mengatakan acara tersebut terselenggara untuk yang ke lima kali.

Tujuannya, upaya “ngamumule” kebudayaan dan seni serta kreativitas warga Jatinangor.

“Filosopi Jafes ini, adalah tidak akan ada sekarang kalau tidak ada masa lalu, melalui sejarah,” ucapnya.

Nanti, disambung acara ruat jagat (beberesih walungan) juga ada acara helaran serta pawai pembangunan terkait potensi terbaik dari 12 desa yang ada di Jatinangor.

“Ini momen sangat sakral bagi kami karena banyak potensi lokal di Jatinangor yang bagus. Jangan sampai termakan zaman harus tetap eksis,” tuturnya.

Bahkan, akan ada pagelaran seni dari seniman seniwati terbaik di Jatinangor.

“Ada lomba menembak, pameran, dan gabungan budaya yang mana mengangkat kembali sejarah budaya Jatinangor. Sejarah Jatinangor kenapa dulu nama cikeruh, distrik Tanjungsari,” ucapnya.

Tanggal 25 Agustus ada lomba memanah tradisional, menembak, sumpit, katepel, pagelaran seni. Malamnya akan ditutup oleh pagelaran wayang golek.

Camat Jatinangor, Syarif Effendi Badar mengatakan ada ribuan mahasiswa di Jatinangor yang bisa menjadi peluang untuk mempromosikan Jatinangor ke tempat tinggalnya.

“Semoga acara ini berkesan dan membawa dampam baik bagi Jatinangor. Mudah-mudahan acara ini rutin digelar di Jatinangor sebagai upaya untuk mengembangkan Jatinangor di dunia internasional,” ujarnya. (Syarif)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close