Umum

Santri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Simaan Al-Qur’an Serentak di 33 Masjid

Menyambut Wisuda Khotmil Qur’an ke-15

SUMEDANG, FORKOWAS.COM – Dalam menyambut kegiatan Wisuda Khotmil Qur’an ke-15 Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, santri pesantren tersebut mengadakan kegiatan simaan Al-Qur’an di 33 masjid yang ada di Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, Kamis (29/9/2019).

Ketua Panitia Wisuda Khotmil Quran ke-15 Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Syarif Hidayatulloh mengatakan, simaan Al-Qur’an merupakan rangkaian kegiatan wisuda yang wajib dilaksanakan.

“Simaan Al-Qur’an marupakana
 agenda yang wajib dilaksanakan setiap ada pelaksana wisuda Khotmil Qur’an di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah. Selain simaan Al-Qur’an, ada lagi agenda wajib yaitu ziarah maqbaroh dan manaqiban,” katanya.

Ziarah dan manaqiban akan dilaksanakan hari jumat (besok), sementara puncak acara wisuda khotmil Quran akan dilakukan hari sabtu lusa.

Adapun tujuan pelaksanaan simaan ini, lanjut Syarif, yaitu sebagai persyaratan bisa mengikuti wisuda khotmil Qur’an.

Khususnya peserta wisuda khotmil Qur’an golongan Binnadzor dan Bilghoib 30 Juz.

Selain itu, juga sebagai upaya untuk menyiarkan Al Qur’an dikalangan masyarakat.

Sementara Ketua Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, KH Sa’dulloh, mengatakan bahwa acara wisuda khotmil Qur’an merupakan salah satu ruh nya Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah.

“Pelaksanaan Wisuda Khotmil Qur’an merupakan salah satu program wajib pesantren dan sudah menjadi ruh nya Pesantren Al-Hikamussalafiyyah,”kata KH Sa’dulloh.

Selain itu, kegiatan Wisuda Khotmil Qur’an ini merupakan bukti nyata bahwa program tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah berjalan lancar juga sebagai bentuk penghargaan terhadap para santri yang sudah mencapai target hafalan Al-Qur’an.

Jumlah peserta Wisuda Khotmil Qur’an tahun ini berjumlah 331 orang. Dengan rincian peserta wisuda golongan bilghoib 10 juz putra  8 orang, golongan bilghoib juz ama putri 107 orang, golongan bilghoib juz ama putra 114 orang, golongan binador 30 juz putra 29 orang, golongan binador 30 juz putri 53 orang, golongan bilghoib 30 juz putra 9 orang, dan golongan bilghoib 30 juz putri berjumlah 11 orang, lanjut KH Sa’dulloh.

Semoga semua rangkaian kegiatan wisuda khotmil Quran di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah berjalan lancar dan para santri yang sudah diwisuda bisa menjaga hafal Al-Qurannya, tutup KH Sa’dulloh. (Helmi)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close