Bewara Jabar

Manfaat BPJS Kesehatan, Dirasakan Warga Sumedang

SUMEDANG, FORKOWAS.COM – Program Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan, sangat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat.

Terutama, bagi yang kurang mampu dikarenakan biaya pelayanan kesehatan saat ini tidaklah murah.

Seperti yang dirasakan Siti Laila (42), sebagai ibu rumah tangga dengan 3 orang anak.

Ia selalu rajin membayar iuran JKN-KIS kelas 3 untuk anggota keluarganya.

Sementara Siti sendiri merupakan peserta JKN-KIS yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Siti mengatakan anaknya yang bungsu Syifa mengalami thalassemia.

Maka, untuk pengobatannya harus intensif secara rutin dan yang paling sebelumnya untuk biaya pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

Ketika JKN-KIS ini hadir yang dikelola oleh BPJS Kesehatan langsung mendaftarkan anaknya sebagai peserta JKN-KIS dan sampai dengan saat ini BPJS Kesehatan sangat berharga sekali bagi Siti.

”Anak saya harus berobat seminggu 3 kali untuk pengobatan thalassemia sehingga tidak terbayangkan biaya yang harus dikeluarkan. Padahal penghasilan saya dan keluarga hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu saya sangat bersyukur dan alhamdulilah dengan adanya JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan karena biaya pengobatan anak saya ditanggung sepenuhnya,” ujar Siti, Kamis (22/08).

Selain putrinya, Siti juga sudah pernah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS sewaktu mengalami sakit dan berobat ke Puskesmas.

“Waktu itu saya pernah mengalami demam dan  langsung dibawa ke dokter. Saya tunjukkan kartu BPJS Kesehatan saya, lalu diperiksa. Alhamdulilah kata dokternya tidak apa-apa, hanya demam biasa. Di sana pelayanannya semuanya baik. Bersyukur sekali punya kartu JKN-KIS. Semoga BPJS Kesehatan selalu ada untuk membantu masyarakat seperti saya,” harap Siti. (rls/F1)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close