Bewara Jabar

BPJS Kesehatan Sumedang Sosialisasikan New E-Dabu Versi 4.2

FORKOWAS. COM – Dalam rangka meningkatkan kemudahan serta kepuasan peserta melalui sistem digitalisasi, BPJS Kesehatan melakukan pengembangan aplikasi e-Dabu menjadi versi 4.2.

Dengan adanya pengembangan fitur tersebut, BPJS Kesehatan Sumedang segera menyosialisasikan hal tersebut kepada para badan usaha di wilayah Kabupaten Sumedang, Subang dan Majalengka, Rabu (28/08).

“Selain adanya fitur pencetakan KIS Digital, masih ada banyak fitur yang tak kalah penting lainnya dan juga perbedaan versi lama dengan versi yang baru. Pada e-Dabu versi sebelumnya, untuk melakukan mutasi karyawan badan usaha harus dilakukan persetujuan terlebih dulu oleh Personal In Charge (PIC) badan usaha tersebut. Sedangkan pada e-Dabu 4.2, tidak perlu lagi sehingga proses mutasi karyawan menjadi lebih cepat,” tutur Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Subang Heri Zakaria.

Selain itu, terdapat penambahan fitur lain dalam aplikasi ini, ada penggabungan anggota keluarga menjadi tanggungan Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) dengan syarat nomor Kartu Keluarga sama sebelum dan sesudah dilakukan penggabungan. Selanjutnya ada fitur tentang perubahan peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN/APBD menjadi PPU BU.

Heri menambahkan, perubahan segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) menunggak menjadi PPU BU.

Ada juga soal mutasi peserta dan anggota keluarga PPU BU baik yang aktif maupun tidak untuk menjadi PPU BU lainnya. Tentunya ini melalui penonaktifan terlebih dahulu dari PPU BU awal.

Ada juga fitur perubahan gaji pekerja hingga penonaktifan peserta PPU BU baik untuk per pekerja maupun kolektif.

Penonaktifan kolektif dilakukan bilamana data pekerja mencapai 25 orang sehingga dilakukan upload excel. Yang terakhir ada perubahan tampilan dari e-ID menjadi KIS Digital.

“Kami menyambut baik sosialisasi ini karena dapat mengetahui fitur-fitur terbaru dari aplikasi e-Dabu versi 4.2. Dengan versi terbaru ini, untuk melakukan mutasi karyawan menjadi lebih mudah dan cepat,” kata salah satu perwakilan dari badan usaha PT Langen Kridha Pratyangga, Rita. (rls)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close