Bewara Jabar

Proses Penerbitan KTP Terkendala Alat

Proses Penerbitan KTP Terkendala Alat

JATINANGOR, FORKOWAS.COM – Rabu 11 September 2019, Pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Jatinangor mengalami keterlambatan lantaran putus konektivitas.

Kasi Pelayanan Umum  Kecamatan Jatinangor Eddih Mulyadi mengatakan pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Jatinangor sudah delapan hari tidak bisa melayani masyarakat karena server mengalami error.

“Menurut informasi, selain dikecamatan Jatinangor juga terjadi hal serupa di Kecamatan Sukasari, Pamulihan dan Cimanggung,” ucapnya

Eddih menambahkan, pihaknya sudah melakukan langkah langkah atau melakukan koordinasi dengan telkom regional Kecamatan Rancaekek  dan dengan Jarkomdat Jakarta.

“Informasi yang kami dapat semua jaringan normal, sementara jawaban yang kami dapat dari Teknisi DBA Disduk sedang ada perbaikan,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini tinggal jaringan dengan konektivitas server Disduk yang belum normal.

“Jelas ini sangat menghabat bagi kami untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam pembuatan KTP dan KK,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Sumedang Ahmad Kusnadi mengatakan permasalahan tersebut merupakan kewenangan pusat dalam hal ini Departemen Dalam Negeri dengan tahun pengadaannya 2012.

“Kami dari daerah belum bisa menindaklanjuti untuk adanya uprgade atau perbaikan karena itu merupakan aset pemerintah pusat,” ucapnya.

Untuk sementara ini pihaknya belum bisa berbuat untuk mengatasi itu mudah-mudahan kedepan ditahun 2020 secara bertahap mengadakan server milik pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Untuk sementara pelayanan dipusatkan di Mall satu atap, untuk mengantisipasi kendala yang terjadi di kecamatan-kecamatan atau Desa yang memerlukan pendekatan pelayanan kami secara berkala tiap bulan melakukan pelayanan sesuai permohonan Desa masing-masing, itu yang bisa saat ini kita lakukan,” ucapnya. (Syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close