Bewara Jabar

Kiprah PKK Dorong Penerapan PHBS

UJUNGJAYA, FORKOWAS.COM, Kamis 19 September 2019,  Ketua TP PKK Desa Ujungjaya Ny.Teti Cucun menilai bahwa eksistensi PKK adalah membantu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat PHBS, serta program dari Kemenkes tentang pencegahan Stanting.

“Mudah kita menyampaikanya saja tapi sulitnya adalah bagaimana masyarakat harus sampai terbiasa melaksanakan 7 pola hidup sehat,” ucapnya saat kegiatan rutin Bulanan TP PKK Kecamatan Ujungjaya.

Kegiatan tersebut di mulai pukul 10.00,wib, di Aula Kecamatan Ujungjaya yang di Hadiri oleh Narsum Ketua TP PKK Kecamatan Ny.Yanti Didin Hermawan, Ketua bayangkari Ny. Nazilah An, anggota Persit Ketua Al-hidayah Ny.Juju Dase dan Ketua Lansia Ny.Enok Edi. Adapun peserta yakni seluruh TP PKK se Kecamatan yang terdiri dari 9 Desa.

Selanjutnua menurut Ny. Yanti Didin Hermawan, Ketua TP PKK Kecamatan dengan anggaran seadanya Kami terus berupaya terus mensosialisasikanya, demi masyarakat Ujungjaya terbebas dari kebiasaan yang kurang baik menjadi baik, demi mewujudkan masyaraka ujungjaya yang sehat,” ucapnya.

Apalagi 7 pola hidup bersih dan sehat harus  diterapkan langsung terhadap anak anak diantaranya, cuci tangan pakai sabun, makan makanan bergizi, minum air bebas kuman, sikat gigi pagi dan malam, kamar mandi bersih,  kelola sampah rumah, cegah DBD dengan 3 M.

“Sulitnya kita merubah kebiasaan tersebut sementara penyakit bisa datang kapan saja, kami sepakat dengan semua Ibu Ibu PKK se Kecamatan ujungjaya bertekad ingin mewujudkan Masyarakat yang perduli terhadap pola hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Menurutnya, walaupun diakuinya itu sangat berat merubah pola pikir masyarakat, Contohnya di Desa Ujungjaya, masayarakat ujungjaya belum pada paham tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan, akan tetapi kami pun paham butuh proses untuk menciptakan hal tersebut.

“Kita harus pelan pelan dalam penyampaianya termasuk memberikan pemahaman terhadap anak usia dini, “

Satu saja pola kebiasaan yang harus kita rubah yakni cuci tangan pakai sabunpun sudah sulit,” tandasnya. (syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close