Bewara Jabar

Pelatihan Satlak Penanggulangan Bencana Kec. Pamulihan

PAMULIHAN, FORKOWAS.COM – Kecamatan Pamulihan melalui Satpol PP Kecamatan Pamulihan, melakukan pelatihan Satuan Pelaksana (Satlak) penanggulangan bencana, di Aula hebel isuk kecamatan Pamulihan, Kamis 19 September 2019.

Kegiatan yang diikuti Linmas dari setiap desa yang juga relawan bencana Riksa dan Karang taruna Kecamatan Pamulihan itu, turut dihadiri Camat Pamulihan, Polsek dan koramil Tanjungsari yang menghadirkan Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kab. Sumedang sebagai narasumber.

Camat Pamulihan, Hari Tri Santosa mengatakan, kalau pentingnya antusias dan kepekaan masyarakat juga semua elemen untuk penanggulangan bencana khususnya di wilayah Kecamatan Pamulihan.

“Seiring kerap terjadinya kebakaran saat ini, kita mesti lebih waspada dengan tidak sembarangan membuang puntung rokok atau pun membakar sesuatu yang bisa memicu kebakaran yang lebih besar,” ucapnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Sumedang H.Ayi Rusmana S.sos sebagai narasumber menyebutkan, kalau dalam mengatasi kepedulian kebencanaan ini, jiwa sosial harus lebih dikedepankan dan dengan salah satunya juga bisa dilakukan sosialisasi melalui pelatihan.

“Hal yang lebih penting dalam penanggulangan bencana dan sering terabaikan, justru adalah melalui pencegahan sebelum terjadinya suatu,” ungkapnya.

Sementara Adang yang juga dari pihak BPBD menambahkan, penting juga tiap pemerintahan desa turut mengedepankan tentang penanggulangan bencana sesuai Undang Undang yang telah ditetapkan.

“Karena pentingnya masyarakat lebih tau tentang pencegahan dan penanggulangan bencana yang bisa menumbuhkannya jiwa sosial,” ucapnya.

“Linmas juga sangat penting dalam peran kebencanaan karena tercantum dalam peruntukannya, selain itu saya sangat berterimakasih kepada Relawan bencana riksa Pamulihan yang menjadi referensi bagi relawan bencana di kecamatan lain yang selalu antusias dan membantu dalam kebencanaan,” tutupnya. (Egy)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close