Umum

HPDKI Kabupaten Sumedang Resmi Dikukuhkan

JATINANGOR, FORKOWAS.COM, Minggu 22 September 2019, Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Sumedang periode 2019-2024 resmi dilantik di Pamidangan Puri Cendikia Kp. Lebak jati RT 03 RW 08 Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Pelantikan HPDKI Kabupaten Sumedang di hadiri oleh Syarif Efendi Badar (CamatJatinangor), Kompol Deni Ginanjar (Kapolsek Jatinangor), Ketua HPDKI Propinsi Jawa Barat H. Sofian Hadi.Amd.RO. Dewan pelindung dari Pemkab Sumedang serta Dewan Penasihat, Dewan Pakar HPDKI Kab. Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut ketua terpilih Aditya Nugraha, S.Pd.M.Pd membacakan deklarasi Peternak Domba Kambing  Indonesia. Bahwasanya, pihaknya sepakat membentuk HPDKI tingkat kabupaten sebagai bagian dari kepengurusan tingkat Propinsi dan Nasional HPDKi. Serta selalu siap untuk bekerja sama  melalui sistem dan usaha agribisnis,

“Diharapkan perhatian pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten agar meningkatkan kepedulian terhadap domba dan kambing sejajar dengan peternak lainya,” ujarnya.

Ia menambahkan, atasnama HPDKI Kabupaten Sumedang, menghimbau kepada pemerintah agar berupaya melestarikan ternak asli (sumber daya genetik ternak) Indonesia.

“Mengajak Mahasiswa, lembaga penelitian, perguruan tinggi, lembaga keuangan pemerintah dan seluruh stake holder domba dan kambing. untuk bergabung dalam usaha pengembangan Domba dan kambing,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pihaknya sepakat untuk meningkatkan produksi domba dan kambing dalam rangka memenuhi kebutuhan protein hewani dan meningkatkan kesejahteraan HPDKI.

“Kami harap Pemerintah Kabupaten Sumedang melibatkan HPDKI baik dalam pembinaan ternak maupun pengembangan domba kambing indonesia,” tandas Aditya

Sementara menurut salah satu Dewan Penasehat Ii Jai.Amd (Kepala Desa Cikeruh) Kecamatan Jatinangor  mengaku bangga karena pelantikan Kepengurusan DPC HPDKI Kab. Sumedang dilakukan di wilayah Jatinangor.

“Semoga yang tadi di sampaikan oleh Ketua Terpilih, Pemkab Sumedang dapat melibatkan kami di bidang Peternakan,” ujarnya.

Karena, lanjut ia, ini potensi yang sangat bagus apabila bisa menjaga kelestarian Genetik Asli Domba dan Kambing Indonesia.

“Bagi kami Selaku pecinta Domba ketangkasan pun akan sangat senang sekali apabila diajak kerjasama. Bahkan, apabila ada lokasi khusus pamidangan yang sangat memadai dan dibantu lokasinya sama pemkab, yang nantinya bisa jadi ajang pamidangan domba ketangkasan tingkat nasional yang mumpuni,” ucapnya.

Ia pun berharap, kedepannya HPDKI semakin solid dan sejahtera serta menjalin kerjasama yang baik dengan semua stakeholder.

“karena ini seni dan budaya yang harus kita lestarikan,” tandasnya. (syarif) *

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close