Umum

Jelang Pilkada 2020, Partai NasDem Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung

BANDUNG, FORKOWAS.COM –
Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung pada 2020 mendatang, DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung sudah mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung, Minggu (29/9/2019).

Sebenarnya, pendaftaran sudah mulai dan dibuka sejak 23 September lalu sampai 23 Oktober 2019 mendatang di Kantor DPD Partai Nasdem, Jalan Terusan Kopo Nomor 298, Palgenep, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

“Persyaratan pendaftaran sama pada umumnya dan berlaku bagi semua warga negara Indonesia yang sedang tidak dicabut hak pilihnya,” ujar Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Bandung H. Agus Yasmin kepada wartawan di Kantor Partai Nasdem Kabupaten Bandung.

Namun untuk diketahui, imbuh Agus Yasmin, bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung yang akan berlaga pada pilkada mendatang, harus memiliki daya saing yang memadai dan dibuktikan dengan hasil survei oleh lembaga survei yang telah diverifikasi oleh DPP Partai NasDem.

“Nanti hasil survei akan dijadikan salah satu bahan utama dalam menentukan keterpilihan menjadi calon dari Partai NasDem,” ungkapnya.

Untuk itu, Agus Yasmin menuturkan, para pendaftar bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung diharuskan melakukan survei elektabilitas sendiri.

“Masing-masing bakal calon yang sudah mendaftar dan ditetapkan sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati Bandung mengadakan survei elektabilitas dengan lembaga survei yang sudah kami tentukan. Partai NasDem juga melakukan survei elektabilitas dengan menggunakan lembaga survei sebagai pembanding,” paparnya.

Dari hasil pendaftaran bakal calon, tambah Agus Yasmin, akan dijaring sebanyak-banyaknya bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung.

“Yang pasti, kami membuka seluas-luasnya pendaftaran ini kepada warga Kabupaten Bandung maupun luar Kabupaten Bandung untuk mendaftar. Pendaftaran ini bisa melalui DPD Partai Nasdem Kabupaten Bandung, DPW Partai Nasdem Jabar, maupun DPP Partai Nasdem,” tuturnya.

Namun disinggung terkait apakah sudah menjalin komunikasi dengan partai politik lain, Agus Yasmin mengungkapkan, “Adapun mengenai koalisi NasDem sangat terbuka dengan calon dan partai manapun. Selama memiliki visi yang sama untuk membangun Kabupaten Bandung  menjadi lebih maju dan terdepan dalam pelayanan kepada masyarakatnya”.
Untuk menentukan siapa yang akan terpilih menjadi calon bupati dan wakil bupati Bandung tersebut, DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung mendeklarasikan dimulainya pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung. “Silakan bagi yang berminat untuk mendaftar di Partai Nasdem Kabupaten Bandung,” seru Agus Yasmin.

Menurutnya, selama pendaftaran sampai proses pengumuman bakal calon terpilih tanpa dipungut biaya sama sekali.

“Partai Nasdem tidak mengenal adanya mahar sehingga tidak ada biaya sama sekali yang kami pungut kepada para pendaftar,” katanya.

Ia pun menjelaskan, proses pendaftaran dilanjutkan dengan penalaran visi dan misi serta strategi pada 24-31 Oktober 2019.

“Tahap selanjutnya, pada 1-5 November berupa rapat pleno di DPD dan DPW untuk penentuan bakal calon yang akan kami dukung. Proses selanjutnya adalah penyerahan berkas ke DPP Partai Nasdem di Jakarta,” pungkasnya. (F30)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close