Umum

Musim Kemarau Petani di Sindulang Merugi

CIMANGGUNG, FORKOWAS.COM, Selasa 1 Oktober 2019, Kemarau yang panjang membuat para petani di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang beralih komoditas penanaman.

Menurut Ketua Kelompok Tani Makmur Gaga mengatakan sejauh ini para petani mengikuti program pemerintah yakni memperbanyak penanaman Cabai. Akan tetapi musim kemarau ini harus merugi puluhan juta. Lantaran hampir setengah pohon cabai pada mati.

“Penaman Cabai membutuhkan suplai air yang banyak, sementara mata air dipegunungan sudah mulai kering, yang akhirnya tidak bisa menyuplai tanaman semua petani dengan luasan lahan berkisar 30 hektar,” ujarnya.

Gaga menambahkan, agar tidak merugi terlalu besar pihaknya disibukan membuat embung-embung kecil agar dapat menampung air.

“Kami kini sebagian petani beralih ke komoditas ke penanaman Tomat, dikarenakan tanam tomat lebih tahan  akan panas dan irit pemakaian air buat penyiraman,” katanya.

Menurutnya, cuaca panas yang ekstrem ini ternyata petani lain pun beralih ke komoditas Tomat, penomena ini mengakibatkan harga tomat anjlok selama 3 bulan terahir ini.

“Harga tomat sangat murah di pasaran berkisar di Rp1000 sampai Rp1500, bahkan banyak  petani yang membiarkan tanamanya tidak dipanen hingga tanaman tomat di biarkan saja sampai membusuk,” katanya.

Kendati demikian, kata Gaga, kalau pun di panen akan habis sama upah petik saja dan sama ongkos angkut, belum lagu ongkos kirim ke pasar.

Hal serupa diutarakan petani lainnya, Ajid mengaku musim kemarau ini dirinya mengalami banyak kerugian.

“Mau apalagi karena kita kerjanya cuman bertani mau rugi atau tidak kami harus bertani untuk menghidupi keluarga kami,” ucapnya.

Ia pun berharap, semoga pemerintah dapat memperhatikan para petani terutama ketika musim kemarau ini minimal ada solusi yang terbaik buat para petani.

“Musim kemarau ini banyak modal, sementara penghasilan malah tidak ada, bukanya untung malah buntung, saya cuman bisa berdoa sama yang maha kuasa secepatnya dinturunkan hujan yang penuh berkah,” pungkasnya. (syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close