Bewara Jabar

Sambut HUT ke-74 TNI, Satgas Citarum Harum Tanam Pohon di DAS Citarum

BANDUNG, FORKOWAS.COM –
Bertepatan dengan HUT ke-74 TNI, jajaran TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Kabupaten Bandung melaksanakan penanaman pohon keras  di sepanjang DAS Citarum dan anak-anak Sungai Citarum,  Sabtu (5/10/2019).

Penanaman pohon sebanyak 3.200 pohon yang dilaksanakan serentak di 11 desa di Kecamatan Majalaya itu, di antaranya dilaksanakan di kawasan daerah aliran Sungai Ciwalengke, anak Sungai Citarum di Kampung Pasir Kukun RT 03/RW 14 Desa Padamulya Kecamatan Majalaya.

Penanaman pohon dilaksanakan langsung oleh Komandan Sektor 4 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso, Komandan Kompi (Danki) Sektor 4 Letda Arh. Dwi Iswantoro dan jajaran TNI lainnya.

Mantan Kepala Desa Padamulya Hj. Imas Rostini, dan para siswa SLTA (pramuka) turut serta dalam penanaman pohon jenis alfukat tersebut. Sejumlah warga setempat turut serta melaksanakan penanaman pohon di musim kemarau tersebut.

Kolonel Inf Kustomo Tiyoso menuturkan, gerakan penghijauan di DAS Citarum dan anak-anak sungai yang dilaksanakan serentak di 11 desa Kecamatan Majalaya itu  dalam rangka HUT ke-74 TNI.

“Kita serentak melaksanakan penanaman pohon sebanyak 3.200 pohon dari berbagai jenis pohon keras,” kata Kustomo kepada wartawan di sela-sela penanaman pohon, Sabtu siang.

Namun karena masih musim kemarau, lanjut Kustomo, baru sebanyak 1.000 pohon yang ditanam. “Penanaman akan dilanjutkan setelah memasuki musim hujan, untuk mencapai penanaman 3.200 pohon,” kata Kustomo.

Ia mengatakan, gerakan penghijauan ini untuk meminimalisir erosi, selain untuk melestarikan DAS Citarum.

Pohon keras yang ditanam itu mulai dari jenis buah-buahan alfukat, selain tanaman salam, peta, akasia afrika dan pohon lainnya yang dapat mengikat air disaat turun hujan.

Kustomo mengatakan, dalam pengadaan bibit, pihaknya berkoordinasi dengan Pindad, sehingga mendapat bantuan sebanyak 1.280 pohon.

Selain dari Artha Graha Peduli sebanyak 1.000 pohon.  Kemudian Satgas Citarum juga mengadakan benih pohon lainnya.

“Dalam penanaman pohon di musim kemarau ini, membutuhkan ektra kerja keras karena setiap hari harus disiram. Dengan harapan, tanaman yang baru ditanam bisa tumbuh mandiri dan besar, sehingga hasilnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dalam penanamannya pun dilaksanakan di lahan yang dekat dengan sumber air.

Contohnya di Kampung Pasir Kukun tersebut tidak jauh dari aliran anak Sungai Ciwalengke. Sehingga memudahkan Satgas Citarum Harum bersama masyarakat melaksanakan penyiraman pohon untuk memelihara tanaman yang baru ditanam di musim kemarau. ***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close