Umum

Camat Darmaraja : Pertajam Potensi Pemdes dan Warga, Geliatkan Destinasi Wisata Jatigede

DARMARAJA, FORKOWAS.COM.
Pemerintah Kecamatan Darmaraja terus berupaya meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintahan desa serta warga, menuju Destinasi Wisata.

“Sebelumnya wilayah Darmaraja mempunyai wilayah 16 Desa sekarang menjadi 12 Desa karena terkena program pemerintah Pusat yakni pengembangan waduk Jatigede,” ucap Camat Darmaraja Agus Qori kepada forkowas.com Jumat 11 Oktober 2019.

Ia menambahkan, keberadaan waduk Jatigede tersebut memiliki dampak positif dan negatif bagi wilayah Darmaraja.

“Saat ini dalam rangka menunjang program Sumedang Simpati ada salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sepanjang jalur waduk Jatigede yang masuk wilayah kecamatan Darmaraja salah satunya tumbuh sentra parawisata,” katanya.

Menurutnya, sektor pariwisata yang ada di wilayahnya diantaranya di daerah Paku Alam yakni Kampung Buricak Burinong, daerah Tarunajaya, Pesona Jatigede, dan  Paraben.

“Dan ada didaerah Darmajaya disebut Cibungur yakni dimanfaatkan banyak masyarakat untuk berniaga sampai desa Sukamenak disana banyak masyarakat berniaga serta menjadi desa wisata, dan disana pemudanya di latih wirausaha,” ucapnya.

Selain itu, kata ia, untuk pembuatan perkakas almunium dan Desa Sukamenak sehingga dijuluki sebaga kampung aluminium.

“Sementara di wilayah kami Visi Misi Sumedang Simpati banyak yang sudah melaksanakan, seperti Magrib Mengaji dan Subuh berjamaah sudah menjadi kebiasaan bagi kami,” ujarnya. (Syarif) ***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close