Bewara Jabar

Kementerian PUPR Cek Saluran Irigasi di Jatinangor

JATINANGOR, FORKOWAS.COM. Jumat 18 Oktober 2019, upaya menerapkan sistem Pengelolaan Aset dan Kinerja Sistem Irigasi (E-Paksi), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak (PUPR)  mengecek saluran Irigasi Blok Depok Satuan Unit Pelayanan (SUP) Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jumat (18/19).

Konsultan Kementrian PUPR yang juga Pendamping Pelaksanaan E-Paksi Carif mengatakan pihaknya melakukan uji coba aplikasi E-Paksi didaerah irigasi Depok SUP PSDA Kecamatan Jatinangor yang nantinya akan diterapkan diseluruh irigasi yang ada di indonesia.

“Program ini untuk lebih memudahkan dalam hal pengelolaan. Selanjutnya, yakni untuk menentukan pengelolaan ataupun pengembangan Irigasi,” katanya.

Ia menuturkan, apabila aplikasi tersebut sudah berjalan. Maka akan lebih mudah mengetahui kondisi jaringan irigasi, dan dengan mudah tiap tahun diperiksa.

“Kalaupun nanti ada kerusakan, cukup bawa Handphone langsung dipoto maka datanya akan langsung kebuka dipusat,” ucapnya.

Menurutnya, pengecekan tersebut diikuti dari perwakilan Provinsi termasuk dari  Kalimantan terdiri dari instansi pemerintah baik dari kabupaten dan provinsi.

“Selain dari Kalimantan ada juga dari Sulawesi, Sumatra serta dari Jawa, maka apabila Aplikasi ini sudah jalan dan berhasil langsung akan dingunakan ditiap  Kabupaten karena untuk pelaksaanaan serentaknya akan bertahap,” ungkapnya.

Sementara menurut perwakilan SUP PSDA Kecamatan Cimanggung, Mamad selaku Koordinator Pengairan depok mengatakan kawasan irigasi depok dijadikan kawasan percontohan di seluruh indonesia.

“Kementrian PUPR Pusat mengecek kelangkapan pengairan mulai dari palang pintu tempat buka tutup pengaturan Air untuk mengairi pesawahan, alhamdulillah katanya semua masih bagus,” ucapnya.

Ia menambahkan, Cekdam depok tersebut  mengairi sekitar 516,9 Hektar terdiri dari dua Kabupaten yakni Sumedang dan Bandung dikelola oleh dinas PSDA Provinsi Jabar. (Syarif).

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close