Umum

Pemdes Jatimukti Serahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

JATINANGOR, FORKOWAS.COM – Senin 20 Oktober 2019, Pemerintah Desa Jatimukti, Kecamatan Jatinangor menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap akhir kepada 19 Penerima Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kepala Desa Jatimukti, Roni Darmawan memvenarkan jika pihaknya sudah melaksanakan amanat Program Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BSPS itu.

“Perumahan swadaya ini diartikan sebagai perumahan yang dibangun atas prakarsa dan upaya masyarakat. Pemerintah kemudian membagi pemenuhan rumah swadaya ini ke dalam dua kategori, yakni pembangunan rumah baru dan peningkatan kualitas rumah tak layak huni (RTLH),” ujarnya.

Sementara, di wilayah Desa Jatimukti, kata dia, sekitar 60 Unit RTLH dan baru 9 unit rumah yang bisa di perbaiki melalui Dana Desa (DD) tahap awal, ditambah 19 Unit melalui Program BSPS.

“Setidaknya Ini dapat mengurangi beban pemerintah desa untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dan untuk sisanya Tahun 2020 bisa di minimalisir, melalui DD atau pun dari Program Pemerintah Pusat dan Provinsi dapat lebih meningkatkan kembali Bantuan bantuan bagi Rakyat yang tidak mampu,” kata Roni.

Sementara untuk Program Pembagian Hand Phone (HP) ketiap RW, akan secepatnya kita bagikan sekitar dua Mingguan lagi setelah semua Administrasi Digitalnya selesai.

Salah satu penerima BSPS Emid mengaku berterima kasih kepada Pemdes Jatimukti dan Pemerintah Pusat yang sudah memperhatikan Rakyat yang tidak mampu seperti kami.

“Semoga dengan bantuan seperti ini masyarakat semakin ‘Geunah Merenah tur tumaninah’ dalam menjalan kan aktipitasnya, karena jujur kami adalah pekerja serabutan yang tidak berpikiran untuk memperbaiki Rumah,” ungkap Emid. (syarif) **

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close