Bewara Jabar

Ai Sopiah : Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Sumedang Simpati

TANJUNGSARI, FORKOWAS.COM – Menjawab tantangan pembangunan kesehatan masyarakat khususnya dalam rangka penurunan angka stunting, kematian ibu dan bayi termasuk pengendalian angka kelahiran dan peningkatan kualitas penduduk. Koordinasi Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) Kesehatan Kecamatan Tanjungsari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor). Jumat 1 November 2019.

Kepala UPT Daldukwil Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, Ai Sopiah, mengatakan kegiatan tersebut mengambil tema ‘Kita Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Sumedang Simpati’.

“Tema tersebut dipilih sebagai respon kita dalam menjadi tantangan sekaligus komitmen kita semua dalam mewujudkan Sumedang Simpati,” katanya.

Ai Sopiah menambahkan, bahwa tema ini juga sebagai momentum untuk kembali menguatkan peran sentral keluarga sebagai institusi pertama dan utama dalam membentukan sikap dan pandangan tentang hidup sehat dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan.

“Rakor ini untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata dan memastikan terciptanya kesehatan lingkungan dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam suatu sinergitas program PKK, kependudukan, KB, KKBPK dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Menurutnya, sejumlah isu strategis terkait program kesehatan, kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, diantaranya selayang pandang revitalisasi pos yandu, peran TP PKK dalam mencegah stunting di kampung KB, kebijakan penanganan dan penangulangan stunting di KKecamatan Tanjungsari implementasi pencegahan dan pengendalian penyakit

“Serta meningkatkan Pencapaian Pelayanan Keluarga Berencan (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Pemakaian Kontrasepsi oleh Pria (MOP) Medis Oprasi Pria dan Kondom,” katanya.

Kendati demikian, lanjut ai, hasil Rakor Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK KB Kesehatan akan dilaksanakan Pelayanan KB MKJP pada tgl 7 November 2019 di Puskesmas Tanjungsari dan Puskesmas Margajaya. (Syarif)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close