Bewara Jabar

HUT Brimob Polda Jabar ke 74 : Rutilahu Milik Warga Jatinangor, Dibedah

JATINANGOR, FORKOWAS.COM. Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) berukuran 6 x 8 meter di Dusun Ciawi RW 06 RT 01 Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor dirobohkan oleh Satuan Brimob Polda Jabar untuk diperbaiki, Jumat 1 November 2019.

Pemilik Rumah Abuy Junaedi (70) mengaku bahagia lantaran rumahnya dibedah dan diperbaiki.

“Sudah lama saya ingin memperbaiki rumah, tapi apa daya cuman kuli serabutan, dan Alhamdulillah hari ini Do’a saya terkabul melalui Program Sosail HUT Brimob Polda Jabar,” ungkapnya.

Sementara dikatakan, Iptu H Opan Struktural Pasi Yanmal Batalion A Pelopor Satbrimob Polda Jabar mengatakan bantuan ini dalam rangka HUT Brimob Polda Jabar ke 74.

Dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan desa untuk membedah rumah yang tidak mampu, selanjutnya akan dibantu pihak Brimob.

“Ini pertama kalinya Brimob mengadakan program bedah rumah dalam rangka HUT Brimob. Alhamdulillah dari beberapa anggaran yang terkumpul kami salurkan kepada bantuan bedah rumah milik warga kurang mampu,” katanya.

Masih kata H Opan,  bantuan bedah rumah ini dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat dan anggota Brimob selama 10 hari kalender.

“Selain bantuan bedah rumah, kegiatan sosial dalam rangka HUT Brimob ini yakni, tali asih, pembersihan rumah ibadah, pengobatan massal bagi warga yang membutuhkan pengobatan,” tandasnya.

Sementara menurut Kades Cikeruh Ii Jai mengatakan, saya sangat mengapresiasi bantuan bedah rumah ini. Menurutnya belum tidak tercover hanya saja untuk tahun anggaran sekarang belum ditujukan ke rumah tersebut.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga penerima bantuan. Kami pihak desa mensuport setiap kegiatan pihak luar yang membantu program pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” tandasnya.

Masih kata Ii Jai, di Desa Cikeruh sendiri ada 60 Unit rutilahu yang belum diperbaiki. Dan sudah diajukan ke bantuan Gubernur tahun anggaran 2020 namun disetujui 30 rumah.

Kemudian dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Sumedang meskipun belum fiks ada 15 rumah bantuan yang diajukan.

Dan sisanya ada 15 lagi akan diajukan kembali tahun anggaran 2021 melalui Banprov. Mudah-mudahan dalam tiga tahun ini bersih tidak ada rumah tidak layak huni di Desa Cikeruh,” tandasnya. (syarif) **

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close