Umum

Sungai Cikeruh Dibersihkan Warga, Mahasiswa dan Unsur Pemerintahan

FORKOWAS.COM – Bantaran Sungai Cikeruh Kecamatan Jatinangor mendadak didatangi puluhan mahasiswa dan masyarakat.

Keberadaan mereka bukan untuk melihat banjir melainkan membersihkan Sungai Cikeruh dari sampah, Jumat 8 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum Universitas Padjdjaran (Unpad) Jatinangor dengan gabungan mahasiswa Unpad dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Jatinangor.

Kasi Trantib Kecamatan Jatinangor Drs. Yuli Handaka mengatakan kegiatan itu dibagi menjadi empat kelompok.

Kelompok pertama KKN Tematik Citarum Harum Unpad Desa Cibeusi langsung dipimpin Camat Jatinangor Syarif Efendi Badar, Dansatgas Citarum  Letda Inf. Samiyo, Kapolsek Jatinangor Deni Ginanjar,SH. MH, Danramil 1005 Jatinangor Kapten. Inf.Lilo Wijaksono, dan Kepala Desa Cibeusi Yoyo berikut Ormas PP. Selanjutnya Desa Cipacing titik lokasi di Sungai Cibeusi.

“Sementara untuk kelompok Dua di Desa Hegarmanah dan Desa Sayang bergerak untuk bersih-bersih selokan/drainase di  jalan protokol,” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Yuli, kelompok 3 Desa Cikeruh, kelompok 4 Desa Mekargalih titik kumpul dilingkungan warga RW 12 Desa Mekargalih.

“Bahwasanya dalam giat ini didukung salah satu pengusaha tahu RM Sari Kedelai dan titik Kumpul Desa Hegarmanahpun disana,” ucapnya.

Ia menuturkan, acara itu merupakan salah satu agenda KKN tematik Citarum Harum Unpad yakni, peduli lingkungan dan mewujudkan Citarum Harum dengan slogan sungai bersih masyarakat senang.

“Kami atas nama Forkopimka Jatinangor dan mahasiswa KKN Tematik Unpad menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan tetap bersih dan indah,”

Sementara, Manager RM Sari Kedelai H. Jarkasih Deden Asmara saat ditemui www.forkowas.com, mangaku merasa senang karena dilibatkan dalam rangka bersih bersih jalur sungai Citarum.

“Kami mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan jangan hanya saat musim hujan saja tapi harus menjadi salah satu agenda rutin kedepanya,” katanya.

Melalui kegiatan ini, kata ia, dapat   menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat agar peduli sampah dan mencintai lingkungan khususnya sungai agar bebas dari sampah. (syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close