Umum

Ratusan Calon Tenaga Kerja ke Jepang Diseleksi

SUMEDANG, FORKOWAS.COM – Salah satu realisasi program Sumedang Simpati yang tujuannya peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja pemerintah  Kab. Sumedang kegiatan  pemagangan dan tenaga kerja ke Jepang.

Sebanyak, 186 orang mengikuti kegiatan pembekalan dan seleksi magang tenaga kerja ke Jepang, bertempat di Gedung Korpri Jl. Dano Komp. Pacuan Kuda, Kota Kaler Kec.Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Senin 11 November 2019.

Drs.H. Asep Sudrajat selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab.Sumedang mengaku tidak bisa menentukan kelulusan para calon tenaga kerja tersebut.

Karena, peserta akan dihadapi langsung oleh tim seleksi dan peserta akan dikatakan lulus seleksi sesuai dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan Jepang.

Sementara, pihaknya hanya memfasilitasi terkait pemberangkatan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan sastra dan budaya Jepang di LPK (Lembaga Pelatihan Ketenaga Kerjaan).

“Tidak hanya itu, bagi yang tidak lolos seleksi, kami akan bantu diarahkan ke negara non Jepang,” ucap Asep.

Senada dengan hal itu, Deden Indra sebagai tim penyeleksi mengatakan, seluruh peserta  diharapkan bisa lolos dalam seleksi kali ini.

Hal itu, agar bisa mengurangi angka pengangguran khususnya diwilayah Kab. Sumedang.

“Hari ini peserta diberi pembekalan, besok tepatnya pada Selasa sampai Kamis (12-14/11/2019)  akan digelar seleksi atau tes fisik,” katanya.

Seperti, mampu lari di lapang pacuan kuda  satu keliling dalam sepuluh menit, push up dan shit up dalam satu menit, kesemaptaan badan atau pemeriksaan badan yang bertato atau penyakit kulit lainnya.

“Terakhir, akan ada ujian matematika dan wawancara, ucapnya didampingi Teten Rustendi yang juga sebagi tim seleksi.

Salah seorang peserta seleksi, Deden Fitra mengharapkan bisa lolos dalam tahapan seleksi.

“Saya minat sekali bekerja di luar negeri seperti ke Jepang. Ya, buat menambah pengalaman,” ujarnya.
(Syarif)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close