Umum

Potensi Tim Penggerak PKK Desa Jatiroke Ditingkatkan

JATINANGOR, FORKOWAS.COM – Jumat 15 November 2019, Tim Penggerak PKK Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor, gencar melakukan Rapat Koirdinasi (Rakor).

Hal itu, upaya mengawal program Pemerintah Kabupaten Sumedang yakni Sumedang Simpati.

Merapatakan barisan untuk mencegah stanting khususnya di wilayah Jatiroke.

Juga, upaya menciptakan wilayah yang sehat serta untuk mekanismenya didorong oleh Bidan dan Puskesmas Cisempur yakni Bidan Fitriyani dan Rini Wahyuni serta UPTD Dalduk KB Jatinangor Sri Suprapti.Akseptor KB.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Jatiroke Cunadinata (Si Raden) dalam sambutanya, mengatakan, atasnama Pemerintah Desa kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggta PKK yang tidak pernah lelah mengawal Program Kesehatan Pemerintah.

“Sejauh ini masyarakat Jatiroke setidaknya sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan dimasa pertumbuhan anak baik itu ketika masih dalam kandungan dan sesudah lahir,” ujarnya.

Menurutnya, peran penting PKK Desa Jatiroke semakin terasa geliatnya, semoga kedepannya semakin maju dan sukses.

Sementara menurut Bidan Rini Wahyuni Bidan Desa Jatiroke dari Puskesmas Cisempur terkait stanting dan Penyebabnya bukan karena ketidakmampuan untuk mengakses makanan bergizi, sanitasi atau layanan kesehatan.

Ia menuturkan, Stunting sangat berpengaruh terhadap produktivitas nasional di masa yang akan datang. Selain itu, stunting juga menjadi penyebab awal dari ketimpangan dan kemiskinan bergenerasi.

“Mereka menjadi tidak berprestasi di sekolah dan mudah sakit. Ketika dewasa produktivitasnya rendah,” ucapnya.

Menurutnya, masalah utama stunting atau tinggi badan anak tidak sesuai usia terjadi akibat kekurangan asupan gizi dan menjadi salah satu komponen yang harus dipenuhi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, terutama pada periode seribu hari pertama kehidupan,” katanya.

Dimulai dari dalam kandungan ibu, gizi yang sehat dan berimbang harus mulai menjadi perhatian.

“Yang terpenting ini harus kita cegah bersama jangan sampai wilayah kita terdampak, yang kedepanya Generasi penurus kita akan susah untuk bangkit membangun,” pungkasnya.(Syarif)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close