Bewara Jabar

Kapolres, “Masyarakat Jangan Ragu Gunakan Lapangan Mako Polsek Majalaya”

BANDUNG, FORKOWAS.COM –
Kapolres Kota Bandung AKBP Indra Hermawan mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak ragu-ragu dalam memanfaatkan atau menggunakan lapangan/halaman Mako Polsek Majalaya di Jalan Raya Babakan Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung yang baru diresmikannya, Sabtu (16/11/2019).

Pembangunan lapangan Mako Polsek Majalaya seluas 1.400 meter persegi itu merupakan swadaya dari para HRD Zona 3 Majalaya Kabupaten Bandung, para kepala desa dan swadaya masyarakat lainnya. Pembangunan lapangan Mako Polsek Majalaya itu menghabiskan biaya Rp 250 juta. Saat ini,
Polsek Majalaya pun sedang merintis pembangunan Aula/Gedung Serbaguna Mako Polsek Majalaya dengan anggaran yang dibutuhkan Rp 300 juta.

“Jangan ragu masyarakat gunakan lapangan ini untuk kegiatan positif supaya manfaat. Kalau bisa gunakan untuk tablig akbar, lomba bola voli. Supaya yang memberikan sumbangan juga mendapatkan pahala,” harap Indra saat menyampaikan sambutannya.

Menurutnya, mewujudkan pembangunan lapangan ini sebuah investasi yang sebenarnya.

“Jangan khawatir yang menyumbang sebanyak apapu karena ada jaminan dari Allah SWT. Ini investasi yang sebenarnya dari para donatur yang turut menyumbang pembangunan lapangan,” katanya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada kepada para HRD (pesonalia) dan masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan lapangan, termasuk aula yang masih dalam proses pembangunan.

Sebelumnya Kapolres saat berkunjung ke Mako Polsek Majalaya, lapangan tersebut masih dalam kondisi barangkal atau bebatuan. “Saat ini sudah terlihat indah. Ini investasi yang sebenarnya,” katanya.

Indra berharap kepada jajaran Polsek Majalaya untuk melengkapi administrasi hibah dalam pelaksanaan pembangunan.

“Kedepannya pasti akan dilakukan audit. Administrasi jangan dilupakan dan tertib administrasi untuk pelaporan. Saya cukup bangga dengan adanya pembangunan lapangan  ini, dan berharap kapolres yang baru bisa meresmikan aula,” katanya.

Indra juga melihat pembangunan di Majalaya mulai menggeliat. Terlebih kawasan Majalaya akan dilintasi pembangunan tol dan interchangenya ada di kawasan Majalaya.

“Nantinya bisa digunakan untuk solusi bongkar muat barang (industri), untuk menjaga kondusifitas wilayah,” katanya.

Ia pun mengharapkan kepada ormas dan LSM untuk melaksanakan tugasnya sebagai kontrol. Supaya bisa mengingatkan sejumlah pihak. “Ketika salah imam diingatkan, salah ucapan diingatkan,” harapnya.

Kapolres juga mengajak kepada sejumlah pihak untik mensukseskan Pilkada Bandung 2020 mendatanya. Setelah sebelumnya dilaksanakan pilkades serentak dan berlangsung kondusif. “Ini kerjasama semua pihak,” katanya.

Di tempat sama, Kapolsek Majalaya Kompol H. Kurnia mengatakan, lapangan yang dibangun itu seluas 1.400 meter persegi. Ia pun tak tahu biayanya berapa.
 Namun untuk pembangunan aula dianggap selesai karena ada pihak yang akam menjamin pembiayannya, karena saat ini masih dalam pembangunan.

“Pembangunan ini atas kerjasama dengan Forum HRD Zona 3 Majalaya Kabupaten Bandung dan swadaya masyarakat. Sebelumnya, lapangan ini digunakan salat Idulfitri dan Iduladha. Sehingga pembangunan ini bisa terwujud,” katanya.

Ketua Forum  HRD Zona 3 Majalaya Kabupaten Bandung  Asep Sutisna mengatakan, mengikuti pelaksanaan pembangunan di Mako Polsek Majalaya itu diawali dari oblosan sambil minum kopi sejak 2013 lalu hingga sekarang.

“Walaupun hasilnya belum tuntas 100 persen, hasil dari silaturahmi dengan unsur masyarakat dan jajaran Polsek Majalaya. Apa yang direncanakan dan dicita-citakan berawal dari obrolan kecil,” katanya

Ia mengharapkan, apa yang dihasilkan dan dicapai dalam pembangunan ini menambah semangat, dan saling dukung lebih baik lagi. “Ini berkat kerjasama kita,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan  Lapangan Halamam Mapolsek Majalaya sekaligus Kanit Binmas Polsek Majalaya AKP Mamat Rahmat mengatakan, pembangunan Mako  Polsek Majalaya ini mulai dirintis tahun 2013.

“Pembangunan ini hasil swadaya masyarakat dan donatur di Majalaya,” katanya

Mamat mengatakan, pembangunan lapangan itu diprakarsai HRD Zona 3 Majalaya, sebagai penyumbang dana awal pembangunan.

“Kekurangan anggarannya didukung oleh para kepala desa di Kecamatan Majalaga dan donatur lainnya. Pembangunannya menghabiskan anggaran Rp 250 juta, semuanya sudah terbangun. Anggaran sebesar itu dalam bentuk  barang dan upah ditanggungjawab para HRD,” katanya.

Ia pun mengatakan, untuk pembangunan gedung serbaguna Mako Polsek Majalaya sebesar Rp 300 juta.

“Insya Allah kami akan selesai pembangunannya atas antusias masyarakat Majalaya. Merasa senang banyak pihak yang membantu karena ada para HRD dan kepala desa,” pungkasnya. (F-15)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close