Bewara Jabar

Pemuda Apresiasi Kinerja Pemkab Bandung

BANDUNG, FORKOWAS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berhasil menjaga semangat pembangunan kepemudaan yang hingga saat ini terus terpelihara.

Hal itu sebagai wujud melaksanakan amanat Undang-Umdang nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan.
Hal itu diungkapkan Ketua Umum GADA Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Bobby Erlangga Sumaatmadja, SH., kepada wartawan, Minggu (17/11/2019) malam.

Bobby menyampaikan hal itu sebagai bentuk apresiasi sekaligus refleksi atas prestasi Pemkab Bandung.

“Pemkab Bandung  pernah meraih penghargaan Pemuda Award dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) dalam beberapa kurun waktu ke belakang. Penghargaan itu mengiringi berlangsungnya pelaksanaan Musyawarah Daerah Pemuda/KNPI Kabupaten Bandung di Bandung, Senin (18/11/2019),” kata Bobby.

Bobby berharap, semangat untuk meraih prestasi seperti ini dapat terus dipertahankan oleh berbagai kalangan di Kabupaten Bandung.

“Suatu kebangggan yang patut disampaikan bahwa prestasi kedaerahan ini telah menjadi perhatian nasional. Pemuda Award yang diberikan oleh Kemenpora RI menjadi simbol bagaimana keseriusan pemerintah daerah memperjuangkan pembangunan kepemudaan di daerahnya. Artinya, selangkah lebih cepat dari prestasi daerah lain,” kata Bobby.

Menurutnya, capaian prestasi kedaerahan yang diraih Pemkab Bandung dalam konteks pembangunan kepemudaan dewasa ini benar-benar dapat dirasakan spiritnya.

Ia mengatakan, pemuda Kabupaten Bandung yang secara antusias merefleksikan semangat tersebut seperti dalam momentum menjelang Musda KNPI ini.

“Semua bahu membahu menjaga citra baik pemuda daerahnya dengan cara memelihara keterpaduan langkah-langkah secara normatif,” ungkapnya.

Bobby menuturkan, tidak bisa dipungkiri dalam perhelatan pemilihan kepemimpinan di KNPI sarat akan kepentingan politik.

“Namun, desakan kepentingan politik yang muncul tidak memposisikan kepentingan lain yang lebih besar di antara para pemuda yang ada yaitu kebersamaan dan silaturahmi,” ujarnya. 

Lebih lanjut Bobby menjelaskan, penghargaan Pemuda Award dari Kemenpora RI kepada Bupati Bandung H. Dadang Naser tersebut merupakan penghargaan atas prestasi yang dicapainya atas inisiatif menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bandung Nomor 30 tahun 2012 tentang Pembangunan Kepemudaan.

“Perda tersebut terbit berselang beberapa tahun dari terbitnya Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009. Perda Nomor 30 tahun 2012 adalah Perda yang mengatur tentang Pembangunan Kepemudaan pertama se-Indonesia pasca terbitnya Undang-Undang Kepemudaan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bobby menambahkan, bahwa pentingnya mendorong lahirnya ketokohan pemuda yang lebih luas dan bervariatif terutama dalam mengembangkan kepemimpinan di daerah.

“Mengingat begitu banyaknya potensi dari berbagai sektor di Kabupaten Bandung yang perlu untuk terus dikembangkan,” katanya.

Berbicara regenerasi, Bobby berpendapat pula bahwa keberlangsungannya harus dapat terus berjalan.

KNPI sebagai kawah candradimuka kepemimpinan pemuda harus bisa menjawab tantangan, yaitu penciptaan generasi yang lebih tangguh dan tercerahkan sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman.

Bobby mengingatkan dalam momentum Musda KNPI Kabupaten Bandung yang digelar pada bulan November 2019 tersebut betul-betul dapat berjalan dengan baik dan semua pihak yang berkepentingan dapat mengedepankan ketercapaian kepentingannya dengan cara musyawarah mufakat.

“Saya percaya dari perkembangan yang ada di lapangan selama ini, Pemuda Kabupaten Bandung dapat mencapai jalan mufakat berupa aklamasi dalam proses pemilihan Ketua KNPI Kabupaten Bandung Masa Bakti 2019-2022,” pungkasnya. (F-15)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close