Umum

Lestarikan Budaya, Seresahan Budaya Digelar

UJUNGJAYA, FORKOWAS.COM.Selasa 19 November 2019, Dalam Rangka Upaya menyokong akselerasi Sumedang Puser Budaya, dan memperingat HUT Angkatan Muda Siliwangi (AMS) ke 53 Saresehan Budaya akan digelar.

Seresahan tersebut sekaligus untuk penguatan Budaya Lokal di tengah Pembangunan dan Pengembangan Ujungjaya menjadi Kawasan Industri.

Camat Ujungjaya, Didin Hermawan,S.Sos M.Si menilai dalam rangka ulang tahun distrik AMS Kabupaten Sumedang dan bekerjasama dengan masyarakat adat
kegiatan saresehan budaya digelar.

“Ini sebagai upaya melestarikan budaya agar tidak tergerus dengan kemajuan zaman, apalagi Kecamatan Ujungjaya telah di nyatakan daerah kawasan industri,” ucapnya.

Menurutnya, dipandang penting untuk bekerja sama dengan tokoh masyarakat, budaya dan Agama agar tidak lupa pada budayanya sendiri, serta tidak terpancing dengan budaya luar.

Sementara dalam sambutanya Bupati Kabupaten sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan kenapa kawasan industri di tentukan di ujungjaya? karena Ujungjaya secara geografis sangat strategis dan juga topografi lahannya dataran rendah.

“Dikarenakan dampak dari industri akan terjadi pergeseran nilai budaya dan kearifan lokal, yang sudah tertanam di masyarakat Ujungjaya. Maka untuk itu dengan adanya kegiatan saresehan budaya yang di inisiasi oleh AMS bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan masyarakat adat ujungjaya untuk mengcounter pergeseran nilai tersebut,” ujarnya.

Dari segi akses, kata Bupati, Ujungjaya strategis dengan adanya jalan Tol dan bandara BIJB serta pelabuhan Patimban Subang.

“Dan pada Tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Sumedang telah mengucurkan dana untuk infrastruktur jalan lebih besar dari kecamatan yang lain, hal ini sebagai langkah antisipasi menyongsong kawasan industri tersebut,” tandasnya. (Syarif)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close