Bewara Jabar

Notaris Ilham : Berkiprah Ciptakan Kerjasama yang Optimal, Membangun Sinergitas

JATINANGOR, FORKOWAS.COM – Badan Pertanahan Nasional (BPN) mempunyai peran melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas, BPN menyelenggarakan fungsi
penyusunan, penetapan kebijakan di bidang pertanahan, perumusan dan pelaksanaan, bidang survei, pengukuran dan pemetaan.

Bahkan, ada fungsi perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penetapan hak tanah, pendaftaran tanah, dan pemberdayaan masyarakat.

Kemudian, fungsi bidang pengaturan, penataan dan pengendalian kebijakan pertanahan, perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengadaan tanah.

Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah, Muhammad Ilham Ramdan Putra mengaku sejauh ini baru membuat Perjanjian Kerja Sama dengan Bank BTN  Konvensial BTN Bandung Timur dan BTN Syariah.

“Alhamdulillah, banyak developer di Sumedang yang akad dengan kami, apalagi semenjak perkembangan ada Tol Cisundawu,” katanya.

Apalagi, dengan adanya Exit Tol Ciakar dan Cipali banyak proses  perumahan khusus subsidi.

Akan tetapi, berhubung kuota BTN habis maka pihaknya menjadi jarang akad.

Karena untuk subsidi di batasi yakni satu juta perumahan dan untuk Sumedang pun perum bersusidi sekitar seribu unit.

“Untuk tahun depan kemungkinan akan semakin banyak. Sementara untuk kuota Sumedang mungkin bisa mencapai seratus ribu unit perumahan bersubsidi,” ujarnya.

Masih kata Ilham, harapan kedepan bisa semakin sinergi dengan pihak PPAT, PPATS, BPN dan Dispenda agar kinerja kedepanya akan semakin sinergi.

Dikatakan, perannya bisa optimal seiring kerjasama yang baik dengan semua pihak termasuk. pemda. 

Menurutnya, berkiprah di Sumedang sejauh ini tidak ada kendala alias lancar-lancar saja. (Syarif)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close