Bewara Jabar

Menuju Konpercab XVI, GMKI Sumedang Angkat Permasalahan Pengawalan Demokrasi dan Pembangunan Sumedang

FORKOWAS.COM.- Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Sumedang melakukan kegiatan Konperensi Studi Lokal (KSL), Sabtu (16/11/2019).

Kegiatan KSL ini bertujuan untuk memberikan wadah dialektiktis baik secara horisontal atau vertikal, serta menambah dan meningkatkan daya kualitas kader GMKI dan masyarakat.

Kegiatan KSL ini berdasarkan rilis yang diterima forkowas.com pada Rabu (20/11/2019) malam.

Tema yang diangkat dalam KSL tahun ini adalah “Pergunakanlah Waktu dan Tetaplah Berpengharapan”.

Ada dua materi yang disampaikan dalam pertemuan itu, pertama membahas tentang, “Polisi, masyarakat dan gerakan mahasiswa dalam menjaga dan mengawal demokrasi”.

Kedua, “Implikasi pembangunan infrastruktur daerah terhadap sosial-ekonomi masyarakat Sumedang”.

Pada kegiatan KSL itu menghadirkan pembicara, yakni Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia, S.H., M.H. dan Analis Perencanaan Pembangunan Bidang Prasarana Wilayah BAPPEDA Sumedang Sumirtha, S.Hut., MIL.
Hadir pula dari aparat pepolisian, yakni Panit 1 Binmas Polsek Jatinangor Ipda Solihin.

Sedangkan moderator oleh Michael Sitohang yang merupakan kader GMKI Cabang Sumedang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Cipayung Sumedang.
Pada kesempatan itu, Ipda Solihin menyampaikan tentang “Polisi, masyarakat dan gerakan mahasiswa dalam menjaga dan mengawal demokrasi”. Dari pembahasan itu menyampaikan tentang pengawalan terhadap demokrasi adalah peran semua pihak, baik aparat kepolisian, mahasiswa dan masyarakat harus mengambil perannya masing-masing.

Saling bersinergi sehingga terciptalah keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Dijelaskan, polisi menjaga keamanan dan ketertiban berdemokrasi, masyarakat menjaga dan mengawal demokrasi, dan mahasiswa menegakkan, mengawal dan menjaga demokrasi. Hubungan ketiga unsur tersebut akan menambah penjagaan dan perlindungan terhadap demokrasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia, S.H., M.H. dan Analis Perencanaan Pembangunan Bidang Prasarana Wilayah BAPPEDA Sumedang Sumirtha, S.Hut., juga turut menyampaikan tentang “Polisi, masyarakat dan gerakan mahasiswa dalam menjaga dan mengawal demokrasi”.

Pada kesempatan yang sama, turut membahas tentang  bagaimana dampak pembangunan di Kabupaten Sumedang, implikasi pembangunan terhadap sosial ekonomi dalam masyarakat Sumedang, dan konsep dan perencanaan pembangunan daerah Sumedang dalam 5 sampai 20 tahun kedepan.

Asep Kurnia memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengungkapkan aspirasinya. Aspirasi para peserta itu kemudian bisa disampaikan dan diadvokasikan kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Ketua Cabang masa bakti 2018-2019 Nugraha Sinaga mengungkapkan, para mahasiswa untuk lebih mengenal dan mengetahui permasalahan apa saja yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Supaya bisa bersama-sama mengawal pemerintahan menuju Sumedang Simpati,” katanya. (F-15)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close