Umum

Jaga Hutan, Dibentuk Relawan Pengendalian Kebakaran Hutan “Volunteer Kareumbi”

PAMULIHAN, FORKOWAS.COM – Kasi wilayah 3 Bandung Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSA), Didik Sujianto melantik puluhan Relawan Pengendalian Kebakaran Hutan di Taman Buru Masigit Kareumbi atau ‘Volunteer Kareumbi’ bertempat di aula Lapan Desa Haurngombong. Kamis (21/11/2019).

“Petugas BBKSDA sangat terbatas menyulitkan untuk fokus, mereka memiliki tugas menjaga dan mengantisipasi apabila hutan mengalami kebakaran akibat berbagai faktor,” ucapnya.

Kepala Resort Karembi Barat, Ayi Safari mengatakan kalau pembentukan ini muncul karena inisiatif dan keinginan  para penggiat kelestarian hutan.

Khususnya, warga di sekitar Taman Buru Masigit kareumbi yang konsen akan keutuhan dan kelestarian kawasan.

“Resort wilayah hanya sebagai regulator dan penampung aspirasi masyarakat,” ucapnya.

Pembentukan relawan kebakaran hutan ini didukung penuh oleh BBKSDA Jawa Barat dan yang mengeluarkan SK pengukuhan serta dukungan materil dari Paguyuban KTH Sadapan, Koperasi Pinus Merkusi, Pemerhati kelestarian hutan TamanBuru Masigit Kareumbi Alam asri, dan pihak Muspika Kecamatan Pamulihan serta LPPA LAPAN Haurngombong.

“Sesuai arahan menteri dimana masyarakat harus dijadikan subjek dan harus selalu bersinergi,” tambahnya.

Semoga, semua jadi pengerak dan menjadi motifator bagi seluruh lapisan masyarakat agar mencintai dan melindungi hutan. (Egy)*

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close