Bewara Jabar

Warga Ujungjaya, Fokus Latihan Tari Umbul Dukung Promosi Wisata Jatigede

UJUNGJAYA, FORKOWAS.COM – Tari umbul merupakan seni tradisional berasal dari Desa Situraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kesenian ini mulai ada di Parugpug sekitar tahun 1940-an, muncul dari wilayah Indramayu ke Sumedang. Kamis 21 November 2019.

Kabupaten Sumedang ingin memecahkan rekor dunia dengan mengadakan 5.550 penari umbul yang akan di gelar depan gerbang bendungan Jatigede Kecamatan Jatigede.

Acara tersebut memperkenalkan destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Sumedang, secara khusus Waduk Jatigede terhadap dunia.

Teti Cucun yang juga istri Kepala Desa Ujungjaya, mengaku sedang melaksanakan latihan tari umbul untuk persiapan nanti tanggal 31 Desember.

“Sesuai intruksi bupati untuk mengikuti acara tari umbul, kami semua merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Dikarenakan masuk dalam bagian mencetak sejarah sepanjang masa yakni masuk dalam peserta tari umbul dengan jumlah terbesar yakni 5.555 peserta.

Hal senada diutarakan Tisa salah satu pemain tari umbul, yang mengaku bahagia.bisa menjadi bagian dari peserta dan ini menjadi kebanggaannya, dan mungkin bagi yang lainnya.

“Semoga saja kegiatan ini nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, dan kita bisa menggemparkan Dunia dengan Tari Umbul terbanyak, serta bisa mencapai rekor pula,” katanya.

Sementara, Kadispora Hari Tri Santosa, mengapresiasi kiprah para penari yang telah gigih berlatih untuk menyukseskan event itu.

“Apresiasi bagi peserta dan pelatih yang penuh semangat tak kenal lelah memberikan pelatihan, agar nanti bisa bermain lebih maksimal, ” ujarnya.

Ia menuturkan, semoga kegiatan ini menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumedang dan melestarikan budaya sumedang.

“Sumedang Puser Budaya bukan hanya Slogan saja, kami buktikan dengan menggelar tari Umbul Kolosal Tahun 2019, dan semoga saja acara Akbar ini akan menjadi bukti kejayaan seni dan budaya,” tandasnya. (Syarif)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close