Bewara JabarHeadline

Gudang Bangsal Sayuran Pasca Panen, Diresmikan



CIMANGGUNG, FORKOWAS.COM – Lahan pertanian  sentra sayuran Desa sindulang Dusun Jambu Air Rw 6 Rt 3, Kecamatan Cimanggung, mendadak banyak petani.

Mereka berkumpul berserta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang beserta jajaranya.

Ternyata hari ini adalah Peresmian Gudang Bangsal Sayuran pascapanen, untuk para petani sayuran di wilayah Desa Sindulang, yang diresmikan langsung oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Ir.H.Amim, MM, kabid Horti Hj. Neni Kordiani Rusyiano,Sp,Msi., Kasi Horti Dinas ketahanan Pangan Propinsi Jabar, Kepala Uptd Rukruk Rosdiana, ST, Kepala Desa Sindulang Didin Wahyudin, ST, Babinsa Desa Sindulang Serda Amin,

Dalam sambutan Pjs. Kepala Desa Sindulang Didin Wahyudin,ST. Saya  sangat bangga  dengan kelompok tani kelompok tani yang ada di desa Sindulang, dengang Jumlah 11 Kelompok tani yang ada di wilayah kami semuanya kompak, dengan banyaknya bantuan ke para petani di wilayah kami, berarti para petani disini selalu bekerjasama,” Ujarnya.

Bahkan yang saya ketahui penghasilan para petani bisa melebihi gajih PNS,  apabila hasil tanam harganya bagus.

Sementara menurut Cakrawati Kepala Seksi Pasca Panen Holtikulra Dinas Tanaman Pangan Propinsi Jawa Barat, yang namanya fasilitas pemerintah tidak bisa semuanya diberikan.

Dan bagi yang menerima bantuan juga kedepanya bisa merawatnya,dan ini adalah anggaran dari pusat melalui propinsi jawa barat berdasarkan pengajuan dari Dinas Kabupaten Sumedang.

Begitupula dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan PanganIr.H.Amim, MM, Semoga dengan kehadiran Bangsal horti khususnya sayuran bisa membantu masyarakat.

Paling tidak untuk menjaga mutu produksi serta untuk seleksi hasil pasca panen, sementara target pertanian banyak sekali kita ingin produk pertanian sumedang komuditinya unggul bisa kompetitip dengan yang lain,” tandasnya.

Dan para petani bisa sejahtera, setidaknya bisa keluar dari garis kemiskinan, saya sangat bangga mendengar kata Kades bahwasanya, para petani bisa melebihi gajih PNS penghasilanya apabila harga sayuran lagi naik.

Ia menambahkan, kita tahu luas lahan pertanian semakin berkurang, karena kepentingan pembangunan dan tidak bisa di hindari, sehingga untuk meningkatkan produtivitas lahan menjadi opsi utama kami.

Walupun secara luas cumulatif lahan berkurang tapi produksi harus semaking mmmeningkat serta produktivitas lahan harus terus kita tambah,” tandasnya.

Ada 4 Champion Cabe yang terus membantu kami dalam hal pola tanam Sayuran yakni Champin Cabe Kecamatan Pamuliham, Tanjungsari, Wado dan Cimanggung sementara itu menjadi sentra pola tanam sayuran, dan membentu kelompok yang lainya se Kabupaten Sedang.

Selanjutnya menurut Champin Cabai Wilayah III, Cimanggung Gaga, dengan adanya gudang ini akan coba kami maksimalkan demi keberlangsungan para petani di wilayah kami.

Dan sesuai amanat pa Kadis,  kami akan merawat gudang ini sebaik mungkin, kami akan berusaha sebaik mungkin menjaga pola tanam demi mutu yang bagus, sehingga sayuran produk kami bisa menembus pasar modern,” tandas gaga.

Sementa saya selaku champion cabai wilayah Tiga Kabupaten sumedang, yakni mitra  pemerintah dalam menjaga stabilitas harga cabai, dengan Moto Harga cabai terjaga petani sejahtera. (Syarif)**

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close