HeadlinePoleksosbud

BPDAS Cimanuk dan Citanduy Hijaukan Sumedang

SUMEDANG, FORKOWAS.COM – Workshop menanam satu juta pohon menuju Sumedang Kota Buludru bersama kegiatan Karya Bakti Hari Juang TNI AD Tahun 2019, “TNI adalah Kita” digelar dikampung Cisema Desa Pakualam.

Kegiatan tersebut diprakarsai Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Cimanuk dan Citanduy bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumedang dengan memberikan satu juta pohon.

Dalam sambutannya, Ketua BPDAS yang diwakili sesepuh Kecamatan Darmaraja Eman Suherman, MM mengatakan selain menanam tindak lanjut kegiatan tersebut yakni  dengan merawatnya.

“Kami menyiapkan lubang tanam berikut tanaman siap tanam dan 700 pohon sebagai simbol monumennya di kampung buricak burinong, tujuannya agar lingkungan sekitar Jatigede tetap terjaga,” ucapnya.

Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengucapkan terima kasih kepada BPDAS Cimanuk dan Citanduy yang telah membantu dalam rangka menghijaukan Sumedang.

“Semoga program menanam satu juta pohon ini dapat menghijaukan kawasan Jatigede dan Sumedang demi mengembalikan keindahan alam Sumedang, dan mendapatkan kembali julukan kota Buludru,” ungkap Herman.

Upaya menyukseskan kegiatan tersebut, kata ia, pihaknya mengumpulkan 52 Kepala Desa, BPD, LPMD dan Camat untuk menyepakati teknis penanaman Pohon,  untuk persiapan pertengahan Bula. Desember yakni penghijauan 1,7  juta bibit.

“Maka dalam jangka 3 sampai 5 tahun Waduk Jatigede akan Hijau kembali.
Pada intinya, kita mengikuti amanat Leluhur kita yakni tentang karahayuan dan kasejahteraanya, dan semoga dengan menanam pohon ini kedepanya Jatigede tidak ada longsor apalagi banjir,” ucapnya.

Sambutan Wabup Sumedang H. Erwan Setiawan mangaku mengajukan permohonan ke Bapedas untuk bisa di tanam di 270 pohon dan Sumedang menjadi hijau dan tidak ada sejengkal tanah pun yang gersang kedepanya.

Camat Darmaraja Agus Qori mangaku kegiatan tersebut sangat luar biasa dimana melaksanakan penanaman pohon, menuju Sumedang Kota Buludru.

“Dengan penanaman pohon ini,  menjadi resapan air yang sangat bagus dan kedepanya wilayah kami tidak kekurangan air bersih di musim kemarau,” tutupnya. (Syarif)***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close