Bewara JabarHeadline

Masyarakat dan TNI, Antusias Rehabilitasi Hutan di Taman Buru Masigit Kareumbi

PAMULIHAN, FORKOWAS.COM – Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) bersama TNI, antusias dalam pemeliharaan dan penanaman pohon di wilayah Kareumbi, Minggu 8 Desember 2019.

Terpantau, anggota KTH yang di dampingi Sertu Nanang perwakilan dari TNI sebagai Babinsa pendamping Kegitan RHL perawatan 1 (P1) di Blok Patambon Karembi, sedang melakukan penanaman sulam disekitar gubuk kerja.

Saat ditanya terkait ketersediaan bibit P1 Sertu Nanang mengatakan, kalau ketersediaan bibit P1 sudah terpenuhi.

Bahkan, kondisinya pun cukup baik dengan penanaman melalui tahap penyiangan hingga harus selesai pada Bulan Desember tahun ini.

“Alhamdulilah 20% dari 137 hektare sesuai rantek yaitu sekitar 17ribuan lebih bibit, sudah masuk sesuai target dan sedang dilaksanakan kegiatan penanaman hingga bibit 12 blok dan yang lain pun sudah terdistribusi ke lokasi masing – masing,” ucapnya.

Ia bersyukur dengan antusias dan keterlibatan warga yang ikut serta dalam penanaman yang dipekerjakan oleh KTH dan yang tentunya dengan pemberian upah.

“Sebagai TNI yang lahir bersama masyarakat, maka kami akan menjaga, mempertahankan dan melindungi hutan dari orang ataupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu, Ucup salah seorang anggota KTH yang sedang menanam pohon menjelaskan, kalau untuk kegiatan pemeliharaan tahun ke-2 (P2) di blok Ciceuri dan Cimagrib, yang secara rencana hanya dilaksanakan kegiatan penyiangan dan pendangiran tetapi kami juga melakukan tambal sulam di area P2 tersebut.

“Ini murni kesadaran masyarakat dalam penanaman ulang oleh KTH dan warga setempat, karena dampak kejadian kebakaran di musim kemarau kemarin,” ungkapnya.

Ia bersyukur dengan adanya kegiatan penanaman itu yang dikatakannya menjadi ada kerjaan selain bermanfaat untuk alam, juga membantu ekonomi warga. (Egy)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close