HeadlinePoleksosbud

Warga Serukan Pembubaran Bank Emok

BANDUNG, FORKOWAS.COM – Sejumlah warga menyuarakan pembubaran “bank emok” yang belakangan ini marak di Kabupaten Bandung.

Keinginan sejumlah warga untuk membubarkan bank emok itu muncul pada pelaksanaan reses Anggota DPRD Provinsi Jabar H.M. Dadang Supriatna di Desa Maruyung Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Selasa (10/12/2019).

“Banyak warga yang menuntut bank emok dibubarkan. Pasalnya, maraknya bank emok menimbulkan banyak madaratnya. Saya mendengar langsung saat reses, ada di antara warga yang berbuat tak baik karena terlilit persoalan bank emok tersebut. Tentunya saya sebagai anggota dewan sangat prihatin dan dampak negatif dari persoalan bank emok tak boleh dibiarkan,” kata Dadang kepada wartawan usai reses di Desa Maruyung.

Dadang menawarkan banyak solusi setelah bank emok itu dibubarkan.

Pemerintah Kabupaten Bandung dan Provinsi Jabar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, ada program usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu melalui Dinas Sosial ada program usaha untuk pertenakan dan perikanan, selain program ekonomi lainnya.

“Bahkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ada program pelatihan kerja, untuk mempersiapkan tenaga kerja dan upaya menopang keterampilan para pekerja yang siap kerja dan membuka usaha mandiri. Melalui program yang digulirkan berbagai dinas tersebut, masyarakat bisa mengembangkan usaha kreatif. Pengelolaannya bisa melalui kelompok bersama,” katanya.

Dadang pun mengatakan, untuk mencegah maraknya bank emok yang dapat menjerat masyarakat sekitar, pemerintah desa bisa mengoptimalkan pemanfaatan pengelolaan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa).

Ia juga berharap untuk memproteksi masuknya bank emok ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bandung, pemerintah desa bisa membuat peraturan desa.

“Itu sifatnya peraturan lokal yang ada di desa, untuk mencegah dan memproteksi masuknya bank emok,” katanya. (F-15)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close