Bewara Jabar

KTH, Tak Hanya Lakukan Penanaman Pohon Tapi Peduli Lingkungan

SITURAJA, FORKOWAS.COM – Kekompakan warga yang tergolong dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Datar Tepus sedang melakukan penanaman di Blok Cipapar wilayah resort Kareumbi Timur Desa Bangbayang Kecamatan Situraja, Jumat 13 Desember 2019.

Keberadaan KTH sendiri selaku penerima akses pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) banyak berperan dalam kegiatan penyuluhan dan sosialisasi masyarakat sekitar kawasan.

Kepala Resort Wilayah Timur, Ade Gunawan mengatakan kegiatan penanaman yang merupakan dari giat pemeliharaan tahap awal ini, salah satu upaya pemerintah untuk mengembalikan dan memulihkan fungsi hutan sebagai sumber kehidupan atau rehabilitasi hutan lindung pasca bencana.

“Dan peran aktif KTH sangat membantu walau dengan personil terbatas di Taman buru (TB) Masigit Kareumbi yang mencapai luas 12.000 hektar yang berada di bawah pengelolaan BBKSDA Jabar, bidang konservasi wilayah 2, seksi konservasi wilayah 3 dan resort kareumbi timur berada di tiga wilayah kabupaten yaitu Sumedang, Garut dan Bandung,” ungkap Ade

Selain itu juga, turut berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dalam mendukung program pembangunan di lingkungan masyarakat sekitar kawasan seperti halnya pembangunan sarana ibadah, jamban sehat dan santunan anak yatim.

Ade memaparkan kalau dalam segi percepatan pengembangan ekonomi desa disekitar kawasan, juga menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Mudah-mudahan kepedulian serta menjaga hutan ini bukan sekedar segolongan orang atau pihak yang berkaitan saja, tetapi menjadi tanggungjawab dan kepedulian bersama,” ujarnya. (Egy)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close