HeadlinePoleksosbud

Ikut Program Gratis, Cukup di Mobile JKN Saja

Program Jaminan Kesehatan Nasional saat ini sudah akan  memasuki tahun ke-6.

Sejak Januari 2014 pemerintah memberikan Jaminan Kesehatan untuk masyarakat Indonesia melalui Program JKN-KIS.

Ada jutaan masyarakat yang dulunya tidak memiliki jaminan kesehatan, kini mereka memiliki akses yang sangat mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Salah satu diantaranya adalah Andita Yulandari  (26) yang biasa dipanggil Dita, kesehariannya bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jakarta.

Hampir sebagian waktunya digunakan untuk merawat orang yang memutuhkan.

Beberapa hari yang lalu Dita ingin melakukan pengurusan perpindahan kelas untuk kartu JKN-KIS yang ia miliki, namun Dita tak punya waktu untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

Setelah menghubungi salah satu keluarganya di Pontianak, Dita mendapat informasi bahwa perpindahan kelas saat ini dapat dilakukan lewat aplikasi Mobile JKN.

“Sebenarnya saya sudah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN, namun saya baru mengetahui kalau perpindahan kelas dapat dilakukan melalui aplikasi. Bagi saya hadirnya aplikasi Mobile JKN telah menjawab semua kebutuhan layanan program JKN-KIS ditambah lagi kini pindah kelas juga bisa, praktis banget,” tutur Dita.

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Dwi Restiyanti membenarkan hal tersebut, saat ini BPJS Kesehatan tengah mengembangkan Program Praktis (Perubahan Kelas Tidak Sulit).

“Sebagai wujud komitmen peningkatan mutu layanan sekaligus memberikan kemudahan layanan administrasi bagi pesert JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah mengembangkan program Praktis (Perubahan Kelas Tidak Sulit). Bagi peserta PBPU/BP atau yang biasa disebut peserta mandiri yang ingin melakukan perubahan kelas sesuai dengan kemampuan diberikan kemudahan tanpa harus menunggu waktu satu tahun di kelas perawatan sebelumnya,” tutur Yanti.

Implementasi Program Praktis berbatas waktu yaitu sejak 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020. Bagi peserta yang telah terdaftar sebelum 1 Januari 2020 perubahan kelas dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan, dalam satu periode tanggal diatas perubahan dapat dilakukan satu kali dan berlaku untuk 1 keluarga yang sudah terdaftar.

Penyesuaian iuran yang telah ditetapkan pemerintah melalui  peraturan presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang perubahan Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan tentu akan diiringi dengan peningkatan pelayanan kesehatan program JKN-KIS. Sesuai dengan regulasi tersebut akan diberlakukan penyesuaian iuran bagi peserta mandiri terhitung 1 Januari 2020.

Yanti menghimbau kepada masyarakat agar seantiasa mendukung program JKN-KIS dengan cara membayar iuran tepat waktu demi keberlangsungan program.  BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS. (rls)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close