Bewara JabarHeadline

Bank Emok, Ditolak Warga Kampung Ranca – Nagreg

NAGREG, (FORKOWAS).– Kampung Ranca RW 05 RT 02 Desa Ciaro Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung sepakat menolak keras keberadaan rentenir, lintah darat atau bank emok yang masuk wilayahnya.

“Sudah terlalu banyak korban yang tercekik rentenir, alih-alih mau menolong, eh ujung ujungnya jadi mencekik dengan bunga selangit,” ujar Fatah Ketua RW 04 Desa Ciaro.

Ia mengatakan, diwilayah banyak berkeliaran rentenir yang sekarang terkenal dengan nama Bank Emok yang menawarkan jasa meminjamkan uang.

“Mereka terkadang datang sampai dua dan tiga orang, mengajak warga untuk meminjam uang secara berkelompok, dan terus terang saja banyak sekali masyarakat yang terbujuk,” ungkapnya.

Apalagi, kata ia, disaat ekonomi masyarakat sekarang yang lagi sulit untuk mencari modal, baik itu untuk berjualan ataupun untuk berkebun, walaupun bunga pinjaman sampai 20%.

“Maka akan sulit sekali untuk memberantas hal tersebut, karena banyak sekali pandangan masyarakat dengan pinjaman yang bunganya besarpun mereka pasti akan meminjamnya,” ucapnya.

Walaupun di Desa dan Kecamatan sudah memasang himbauan dengan menggunakan Spanduk yang bertuliskan larangan meminjam dari rentenir.Tetap saja warga masih banyak yang meminjamnya.

“Karena itu tadi sudah tidak ada solusi lagi harus kemana untuk mendapatkan Modal, saya pahami itu,” paparnya.

Ketika ada larangan atau himbauan ya harus ada solusinya, karena sejauh ini kalau pinjam harus ada agunan atau apapun sejenisnya.

“Jadi jangan salahkan masyarakat apabila tetap meminjam Bank tersebut, karena harus bagaimana lagi dan kemana lagi minjam uang demi keberlangsungan hidup mereka,” kata patah. (syaif)**

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close